240 Mahasiswa Unimus Dilepas Jalani KKM

  • Whatsapp
Foto : Mahasiswa yang akan melakukan KKM di berbagai desa dalam 3 kecamatan di Wilayah Bireuen. (Andalas/Suherman Amin)

Bireuen,Aceh,Beritalima — Wakil Rektor Universitas Al Muslim ( Unimus) Kabupaten Bireuen Drs Saiful Hurri, M.Si menyerahterimakan / melepas 240 Mahasiswa peserta KKM Angkatan XVII dari Kampus Al Muslim kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen (Pemkab) Bireuen di halaman Kantor Pemerintahan Kabupaten Bireuen Kamis, 7 Pebruari 2019 yang diterima Bupati H Saifannur,S.Sos diwakili Sekdakab Bireuen,Ir Zulkifli,SP.

Ke-240 Mahasiswa KKM yang diterima itu oleh Bupati Bireuen Saifannur menyerahkan pula kepada Camat di tiga kecamatan yaitu Peudada, Peusangan Selatan dan Kecamatan Gandapura yang juga akan diserahkan pada kepala desa masing masing lima orang mahasiswa ke 48 desa di tiga Kecamatan, ujar Saiful Hurri.

Drs Saiful Hurri, M.Si mengatakan bahwa ,kegiatan KKM yang dilaksanakan di 48 desa selain untuk pengabdian mahasiswa, juga untuk mengasah ilmu yang diterima dibangku kuliah, kepada masyarakat pedesaan.

Disebutkan, semua mereka akan disebar ke tiga kecamatan dalam wilayah Bireuen yaitu Kecamatan Peudada, Gandapura dan Kecamatan Peusangan Selatan untuk melakukan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat hingga 15 Maret 2019.

Untuk kegiatan KKM, pihaknya menugaskan 12 orang dosen pembimbing, agar selalu berkoordinasi dengan pihak kampus juga kerja sama kepala desa termasuk semua masyarakat, dimana mahasiswa ditempatkan, sebut Saiful Hurri.

Dijelaskan para peserta KKM berjumlah 240 orang terdiri dari 61 laki-laki dan 179 Perempuan akan menyebar untuk melakukan pengabdian di tengah-tengah masyarakat dari berbagai Desa dalam wilayah di 3 kecamatan wilayah Bireuen yang menyebar di 48 desa.

Dari data yang andalas peroleh melaporkan, dari 240 mahasiswa pengabdian di Kecamatan Peudada laki-laki 25 orang dan Perempuan 55 orang. Kecamatan Gandapura laki-laki 17 orang dan Perempuan 63 orang .

Selain itu di Kecamatan Peusangan Selatan laki-laki-laki 19 orang dan Perempuan 61 orang. Mereka mengabdi ke masyarakat hingga 5 Maret 2019.

Drs Saiful Hurri, M.Si melaporkan bahwa pelepasan mahasiswa KKM Tahap XVII sebanyak 240 orang akan mengabdi di tiga kecamatan dalam wilayah Bireuen.

Selain yang dilepas hari ini Kamis 7 Beruaqri 2019m nantinya pada Mei 2019 akan melepaskan kembali mahasiswa Universitas Al Muslem untuk KKM – PPL di Thailand Selatan dan bergabung dengan mahasiswa Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia.

Disebutkan, tolok ukur keberhasilan ada beberapa hal, antara lain pendewasaan manusia calon pemimpin dan pengabdi di tengah-tengah masyarakat, terciptanya jiwa pengabdian ilmu dan partisipasi aktif dalam membangun desa.

Saiful Hurri sangat berharap para Mahasiswa KKM mampu membaur dengan masyarakat dan mengembangkan potensi masyarakat dalam memberdayaakan ekonomi mereka serta mengembangkan kreativitas dalam pelestarian khazanah budaya. ( HERA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *