Bakamla RI – Japan Coast Guard Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Keamanan Maritim

  • Whatsapp

Jakarta, 26 Maret 2019 (Humas Bakamla RI)— Bakamla dan Japan Coast Guard melakukan pembahasan draft Memorandum of Cooperation (MoC) di ruang rapat Podcast, Mabes Bakamla Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama keamanan maritim antara Pemerintah Indonesia dengan Jepang pada 21 Desember 2016. Pada saat itu kerja sama dituangkan dalam Memorandum of Cooperation di Tokyo, yang menyepakati adanya Pembentukan “Indonesia Japan Maritime Forum (IJMF)”.

Rapat dibuka oleh Kepala Subdirektorat Kerjasama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama,S.Sos., M.Sc., dan dihadiri oleh Kabid Kerjasama Asia Pasifik Kemlu Ira Rachmawati, Pabanda Kerma Multi Sopsal Koarmada I Mayor Laut (P) Eko Triyatomo, Perwakilan Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian International Kemlu Blandina Rva Pella, Perwakilan Polairud AKP Toto Hadi P dan AKP Rishan Indarso.

Rapat membahas mengenai isi draft MoC antara Japan Coast Guard dan Bakamla dengan cakupan bidang kerjasama yang dibahas antara lain pertama, peningkatan kapasitas terkait keamanan dan keselamatan maritim melalui latihan bersama, pelatihan, pendidikan, workshop dan seminar. Kedua, mengadakan pertemuan tahunan. Ketiga, membangun komunikasi. Keempat, sharing informasi komunikasi dan kelima adalah kegiatan lain berdasarkan kesepakatan bersama.

“Diharapkan Bakamla dapat menganggarkan di dalam DIPA Bakamla untuk terselenggaranya kerjasama dimaksud”, saran Ira Rachmawati.

Hasil pembahasan draft MoC ini akan dilaporkan secara tertulis dan berjenjang ke pimpinan tinggi Bakamla, Kemlu, Polairud dan Mabes AL serta draft ini akan dibawa Presiden pada saat kunjungan ke Jepang.

Turut hadir pejabat Bakamla Direktur Latihan Laksma Bakamla Yehezkiel Katiandagho, S.E.,M.M., dan Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Bakamla Irwan Shobirin.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *