Bamsoet Dorong Kementerian Bantu Korban Gempa Tsunami Palu dan Donggala

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) terus mendorong kementerian dan lembaga pemerintah menerjunkan kekuatan yang dimiliki untuk membantu korban terkena musibah musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi, Donggala serta daerah terdampak lainnya di Sulawesi Tengah.

Presiden Jokowi sudah menunjuk Wakil Presiden M Jusuf Kalla memimpin tim penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dengan koordinasi teknis berada di Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).
“Dengan pengalaman dan kemampuan Pak Jusuf Kalla, sebagaimana yang sudah ditunjukan beliau saat menangani tsunami Aceh, Insya Allah musibah ini bisa kita lalui secepat mungkin,” ujar Bamsoet saat menerima perwakilan warga Palu di Ruang Kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Selasa (2/10).

Wakil rakyat dari Dapil VII Provinsi Jawa Tengah tersebut mengatakan, dirinya segera terbang ke Palu. Selain melihat langsung kondisi disana, juga untuk menyerahkan berbagai bantuan.

“Kemensos, Kemenkes, Kemenhub, BNPB, Basarnas, serta lembaga lainnya telah bekerja keras menangani kejadian pasca gempa dan tsunami. Doa dan dukungan dari masyarakat terus dibutuhkan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah,” kata Bamsoet.

Dari koordinasi yang sudah dilakukan, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengatakan, distribusi bantuan memang menghadapi berbagai tantangan. Medan wilayah sangat berat untuk ditembus dan dilalui. Selain itu, kendaraan bantuan logistik juga kerap dihadang oleh warga yang membutuhkan bantuan.

“Alhamdulilah mulai pagi tadi berbagai daerah terisolasi di Sigi seperti Lindu, Kulawi Selatan dan Gumbasa sudah bisa menerima distribusi bantuan. Aparat keamanan terus ditambah untuk mengamankan bantuan masuk. Pembukaan berbagai akses ke daerah terdampak terus dilakukan TNI, Polri dan Basarnas,” urai Bamsoet.

Politisi senior yang juga Wakil Ketua Umum Kadin ini memaparkan, pemerintah juga sudah membuka akses guna menerima bantuan internasional. Setidaknya, sudah ada lebih dari 18 negara, seperti Saudi, AS, Perancis, Ceko, Swiss, Turki, Norwegia, Hungaria, Australia termasuk UNDP dan ASEAN siap memberikan bantuan. Ini menunjukan solidaritas dunia terhadap Indonesia sangat kuat.

Kalau dunia saja menunjukan rasa solidaritasnya, seharusnya masyarakat juga menunjukan hal yang serupa. Karena itu, Bamsoet menghimbau maskapai penerbangan juga bisa melakukan hal yang serupa.

“Minimal bisa menggratiskan atau memberi keringanan biaya buat warga yang ingin mengirimkan bantuan melalui kargo. Begitupun dengan pihak lain. Mari bersatu padu menghadapi musibah ini dengan ikatan kebangsaan,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *