Bamsoet Letakkan Batu Pertama Pembangunan Universitas Purbalingga

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Universitas Perwira Purbalingga (Unperba).

Universitas ini dibangun di atas tanah 12.000 m persegi dan direncanakan empat lantai. Ini merupakan Perguruan Tinggi (PT) pertama di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

“Pendirian universitas ini merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada saya sebagai wakil rakyat Kabupaten Purbalingga. Gagasan itu dua tahun lalu. Namun, baru terwujud karena perizinan di Kemenristekdikti butuh waktu,” kata Bambang di Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (7/10).

Hadir dalam acara ini Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi dan jajaran Muspida Purbalingga. Kampus ini memiliki fakultas hukum, manajemen, teknik dan teknologi informasi.
Program yang dimiliki dan terakreditasi 12 studi diantaranya, manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, hukum, pendidikan bahasa Inggris, matematika, agribisnis, agroteknologi, teknik mesin, teknik informatika, gizi kesehatan dan keperawatan.

“Untuk membangun sistem perkuliahan yang berkualitas, Unperba memiliki tenaga pengajar predikat profesor 4 orang, predikat doktor 10 orang dan selebihnya berpendidikan S2 dan S1. Manajemen pendidikan dikelola secara profesional dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.”
Laki-laki yang akrab disapa Bamsoet ini menuturkan, Umperba mempunyai visi menjadi entrepreneur university yang berkearifan lokal dan berwawasan global. Karenanya, Unperba ingin membangun keunggulan di bidang kewirausahaan, termasuk pengembangan UMKM yang berbasis iptek.

“Dengan visi itu, Unperba mau mencetaksarjana yang tidak hanya menguasai teori, tetapi juga ahli dalam menerapkan ilmunya di masyarakat. Kita ingin mencetak sarjana yang siap pakai. Bukan sarjana untuk mencari pekerjaan, tetapi sarjana yang siap menciptakan lapangan pekerjaan,” urai Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menegaskan, investasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya bidang pendidikansangat strategis. Karena, pendidikanlah yang dapat merubah wajah dan masa depan suatu bangsa.

“Banyak bangsa mencapai kemajuan karena mereka meletakkan pendidikan sebagai faktor utama dalam pembangunan. Sebaliknya, banyak negara kaya SDA, tetapi lambat maju. Penyebabnya, mereka abai melakukan investasi di bidang sumber daya manusia,” jelas Bamsoet.

Wakil rakyat Dapil Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini berharap pembangunan Unperba dapat selesai di awal tahun depan sehingga tahun ajaran baru 2019/2020 sudah menerima mahasiswa dan memulai perkuliahan.

“Saya berharap dengan kehadiran UNPERBA akan mempermudah kaum muda di Purbalingga dan sekitarnya untuk mengenyam pendidikan tinggi. Terlebih setiap tahun ada sekitar 7.000 lulusan siswa SMU dan SMK di Purbalingga. Mereka tidak perlu lagi kuliah jauh-jauh ke Jogyakarta, Solo, Purwokerto atau Semarang. Cukup kuliah di UNPERBA saja,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *