Bamsoet: Penguduh Aplikasi DPR Now Alami Kenaikkan Signifikan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengapresiasi masyarakat yang telah memanfaatkan aplikasi DPR RI untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Menurut politisi senior Partai Golkar tersebut, jumlah pengunduh aplikasi DPR Now! terus mengalami kenaikan signifikan. “Belum sampai sebulan aplikasi DPR NOW diuncurkan, jumlah member aktif sudah lebid dari 5.000 user,” jelas Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo kepada awak media, Selasa (25/9).

Padahal, lanjut wakil rakyat dari Dapil Jawa Tengah VII tersebut, aplikasi DPR NOW diluncurkan 29 Agustus lalu. “Alhamdulillah, masyarakat mulai akrab menyampaikan berbagai aspirasi melalui aplikasi DPR Now!. Capaian ini menunjukkan respon dan perhatian publik yang sangat besar,” ujar Bamsoet.

Dijelaksan, sepekan terakhir tepatnya 14 sampai 21 September 2018, jumlah pengaduan yang masuk melalui DPR Now! mencapai 11 aduan dengan status sudah diterima. Pengaduan itu kemudian ditindaklanjuti ke berbagai komisi dan alat kelengkapan dewan yang ada di DPR RI.

Semisal, kata Bamsoet, untuk Komisi III ada aduan mengenai penganiayaan oleh anggota Polri, kasus mafia tanah dan penipuan online. Untuk Komisi IV DPR RI ada keluhan tentang nasib petani.

Di Komisi IX DPR RI ada laporan mengenai besaran pesangon yang tak sesuai dengan masa kerja. Sedangkan, untuk Komisi XI DPR RI ada pengaduan tentang penagihan online yang dilakukan oleh beberapa fintech.

“Setiap pengaduan yang masuk akan langsung ditindaklanjuti oleh Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan sesuai dengan tugas dan bidangnya masing-masing. Karena itu saya meminta masyarakat yang mengirimkan pengaduan disertai dengan identitas yang jelas sehingga jika dibutuhkan informasi lebih lanjut, kami bisa hubungi yang bersangkutan,” kata Bamsoet.

Ditambahkan, selain masyarakat, Parlemen Thailand pun memberi apresiasi terhadap aplikasi DPR Now!. Parlemen Thailand mengakui penerapan teknologi informasi DPR Now! mampu memudahkan rakyat dalam menyampaikan aspirasi maupun mendapatkan informasi mengenai kinerja dewan.

“Dalam kunjungan ke DPR RI, 14 September lalu, Sekretaris Jenderal Parlemen Thailand Mr Sorasak Pienvej dan jajarannya tertarik dengan aplikasi DPR Now!. Mereka memberikan pujian dan menjadikan DPR Now! sebagai catatan kunjungan,” jelas Bamsoet.

Bamsoet yakin, ke depan aplikasi DPR Now! bukan hanya menjadi kebanggaan DPR RI saja, tetapi juga akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Di masa mendatang, berpolitik tak lagi akan kaku tetapi akan lebih interaktif dan menyenangkan.

“DPR sudah memelopori penggunaan teknologi informasi dalam sistem politik. Saya yakin dengan aplikasi DPR Now! maupun berbagai inovasi lainnya yang nanti akan kita kembangkan. Nanti rakyat tidak hanya akan dekat dengan wakil mereka tetapi juga bisa menikmati politik dengan menyenangkan,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *