Berikut Beberapa Menu Mpasi Yang Bagus Untuk Bayi Berusia 6 Bulan

  • Whatsapp

beritalima.com – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pertumbuhan dan perkembangan bayi pada setiap usianya itu bisa dilihat dari beberapa hal. Ya, mulai dari fisiknya, perkembangan motorik, perkembangan sensorik, hingga pola makannya. Khusus untuk pola makannya, tentu saja bayi yang usianya diatas 6 bulan itu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih. Itu sebabnya, mengapa pemberian makanan pendamping ASI alias MPASI sangat dibutuhkan olehnya.  Akan tetapi, ternyata masih ada saja sebagian dari kita yang tidak tahu tentang menu-menu mpasi yang tepat untuk bayi berusia 6 bulan. Padahal, pemberian mpasi yang tepat ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang menu mpasi 6 bulan, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Bubur Buah Alpukat

Menu mpasi pertama yang bagus untuk bayi berusia 6 bulan, yaitu bernama bubur buah alpukat. Mengapa harus bubur buah alpukat? Pasalnya, menu mpasi yang satu ini memiliki kandungan vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Tentu saja semua kandungan nutrisi tersebut sangat dibuthkan oleh si kecil. Mengenai cara membuat buburnya sangat mudah sekali, dimana aunda hanya tinggal mengeruk bagian dagingnya, kemudian lumatkan sampai lembut dan halus. Agar rasanya lebih menarik lagi, anda bisa menambahkannya dengan sedikit gula atau susu cair.

  1. Bubur Buah pir

Selain bubur buah apukat, bubur buah pir ini juga sangat direkomendasikan bagi anda untuk dijadikan menu mpasi bagi si kecil. Menurut para pakar gizi ternama dunia, komposisi dari buah pir ini 95 persennya adalah air sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bagi bayi yang berusia 6 bulan. Lalu, bagaimanakah cara membuat buburnya? Anda hanya tinggal memblender buah tersebut sampai halus. Namun perlu diingat bahwa tidak boleh lagi ditambahkan gula, sebab buah pir ini sudah memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

  1. Bubur Wortel

Menu mpasi berikutnya yang bagus untuk bayi berusia 6 bulan, yaitu berupa bubur wortel. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu tentang manfaat wortel yang bagus untuk kesehatan mata. Padahal, kandungan vitamin A pada wortel juga dapat meningkatkan kemampuan otak pada anak lho. Soal cara membuat buburnya, siapkan beberapa buah wortel, kupas kulitnya, cuci sampai bersih, kemudian rebus hingga benar-benar matang dan empuk. Jika dirasa sudah matang dan empuk, segera lumatkan sampai halus, dan bubur wortel pun sudah siap untuk disantap oleh buah hati anda.

  1. Bubur Ubi Jalar

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan jenis umbi-umbian yang satu ini. Berdasarkan dari hasil penelitian, ubi jalar ini memiliki kandungan vitamin A, E, C, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, mangan, dan kalsium. Kita langsung saja ke cara pembuatan buburnya, sediakan beberapa buah ubi jalar, kemudian masukan kedalam panci yang berisi air, lalu rebus hingga benar-benar matang dan empuk. Setelah itu, silahkan umatkan hingga halus, dan bubur ubi jalarpun sudah siap untuk disantap.

  1. Bubur Kentang

Dan menu mpasi terakhir yang jangan sampai anda lewatkan, yakni bernama bubur kentang. Mengenai cara membuat buburnya, anda bisa meniru seperti pada cara membuat bubur wortel dan bubur ubi jalar tadi.

Itulah beberapa menu mpasi yang bagus untuk bayi berusia 6 bulan. Dengan memberinya menu-menu mpasi tersebut, tentu saja dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *