BHR Kabupaten Sumenep Gelar Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat

  • Whatsapp
Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat di Aula Kantor Kementerian agama Sumenep

SUMENEP, beritaLima – Guna meningkatkan kemampuan dan keahlian anggotanya dalam bidang hisab dan rukyat, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Sumenep menggelar acara Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat pada hari Rabu(21/03) di aula kantor Kementerian agama Sumenep Madura Jawa Timur.

Bimtek terkait penentuan jadwal waktu sholat, arah Kiblat, dan penentuan awal bulan Hijriyah tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 21 – 22 Maret 2018, dihadiri oleh sejumlah Ormas Islam, pengurus BHR, kepala KUA Kecamatan yang ada didaratan, perwakilan dari pondok Pesantren serta perwakilan dari Perguruan Tinggi Syari’ah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, Drs. H. Moh. Bakri, M.PdI. Sekaligus Ketua Badan Hisab Rukyat Kabupaten Sumenep hadir memberikan pembinaan dan membuka acara Bimtek tersebut .

Kakankemenag berharap “Semoga dengan adanya Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat ini akan bertambah banyak ilmu pengetahuan yang didapat, massif kepada masyarakat umum sehingga ilmu hisab rukyat tak termonopoli pada satu komponin masyarakat saja serta dapat menyajikan informasi yang akurat yang dapat dipertanggung jawabkan secara syar’ah dan hukum normatif tentang hari- hari besar keagamaan yang ada kaitanya dengan Hisab Rukyat”, Tegasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat, Hj. Innani Mukarromah, SH. MM. menyampaikan bahwa tujuan dan sasaran dari terselenggaranya acara ini adalah untuk memahami dan mampu menyerap berbagai informasi dan ilmu terbaru dalam hisab rukyat melalui melalui pendekatan teknologis, terciptanya praktisi hisab rukyat yang handal dan mempuni dan mampu mengaplikasikan teknologi terbaru dalam melaksanakan praktik ilmu falak.

Lebih lanjut Sekretaris BHR ini menyampaikan pokok program dalam pelaksanaan Bimtek tersebut adalah meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang kehidupan keagmaan dan ibadah. “semoga dengan adanya bimtek ini segala tujuan dan sasaran dari kami (BHR) benar – benar terwujud”, harap Innani Mukarromah.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pengenalan aplikasi awal waktu sholat, Hisab arah Qiblat serta cara menghitung arah Qiblat yang disampaikan oleh Nara sumber dari Nahdatul Ulama (NU), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Al – In’am dan Organisasi Islam lainnya.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *