Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi Dilantik Jadi Danpasmar 2

  • Whatsapp

beritalima.com – Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar ) Suhartono mempimpin porsesi pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Komandan Pasmar 2. Jabatan Danpasmar 2 diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi kepada Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi. Selain tiu diserahterimakan pula jabatan Dankolatmar dari Kolonel Marinir Sarjito kepada Kolonel Marinir Suliono.

Dankormar mengatakan, Seertijab di lingkungan Korps Marinir merupakan suatu tonggak regenerasi kepemimpinan sebagai wujud kesinambungan organisasi sekaligus bentuk kepercayaan yang terpilih atas dedikasi, kapabilitas dan loyalitas selama berdinas. “Jabatan adalah suatu kehormatan sekaligus amanah. Perubahan dan perkembangan teknologi telah mengambil peran yang sangat besar dalam kehidupan manusia,” ujarnya, Jumat (15/2).

Korps Marinir diharapkannya memiliki teknologi alutsista yang berkembang adaptif terhadap teknologi digital. Disertai pula peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kemampuan sebagai pasukan ekspedisioner dan multirole.

Pasmar 2 adalah salah satu komando pelaksana utama Korps Marinir yang memiliki kedudukan yang sangat strategis. Mulai dari membina kekuatan, kesiapan operasional satuan Marinir. Ia memisalkan sebagai pasukan pendarat amfibi TNI Angkatan Laut (PASRAT) dalam rangka proyeksi kekuatan lewat laut, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis.

Selain itu, tugas lain yakni terlibat operasi tempur lainnya yang memiliki wilayah utama operasi di kawasan Tengah Indonesia namun selalu siap dan mampu diproyeksikan keseluruh wilayah NKRI dalam rangka menjaga kedaulatan negara dan bangsa. “Pasmar 2 berkewajiban untuk melaksanakan operasi militer selain perang. Hal itu dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dengan melaksanakan operasi penanggulangan terorisme, penanggulangan bencana alam dan SAR bantuan kemanusiaan. Serta tugas perbantuan kepada satuan kewilayahan dan kepolisian maupun mendukung kegiatan pembangunan di wilayah dengan melaksanakan pembinaan potensi maritim dan pembinaan masyarakat pesisir,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini dibutuhkan pemimpin revolusioner yang mempunyai visi dan misi jauh ke depan. Prajurit yang berkomitmen dalam peningkatan kemampuan tempur Korps Marinir serta prajurit petarung profesional yang memiliki naluri tempur, jiwa militansi terhadap segala kondisi, kemampuan adaptif untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam merespon perkembangan zaman.

Prajurit Pasmar 2 dan Kolatmar, lanjut dia, juga harus mampu membangun kerjasama yang solid dan sinergis dengan satuan TNI/POLRI. Hal itu untuk menjaga stabilitas keamanan dan suasana yang kondusif, khususnya di tahun 2019 yang merupakan tahun politik.

Hadir dalam sertijab tersebut Pangdivif 2 Kostrad, Kaskoarmada II, Danpasmar 1, Danpasmar 3, Wagub AAL, Wadan Lantamal V, Kasgartap III Surabaya, Wakapolda Jatim, serta Dansatbrimob Polda Jatim.(afr/s)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *