Bupati dan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo Pantau Pelaksanaan Ujian Nasional

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Bupati Wonosobo didampingi Kepala Disdikpora kabupaten Wonosobo pada Senin (22/4) melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan oleh 148 SMP/MTs se-kabupaten Wonosobo.

Pada pemantauan di tiga sekolah yaitu SMP N 1 Wonosobo, SMP N 2 Selomerto dan MTs Negeri Wonosobo terungkap secara keseluruhan jumlah siswa SMP/MTs se-kabupaten Wonosobo. Yang mengikuti UNBK tersebut.

Bacaan Lainnya

“Jumlah pesertanya sebanyak 9297 siswa SMP dan 2665 siswa MTs.” Kata Kepala Disdikpora kabupaten Wonosobo.

Drs. Sigit Sukarsana, MSi lebih lanjut mengatakan manfaat dilaksanakan ujian nasional.

“Ini (Ujian Nasional .Red) sebagai sarana pemetaan mutu program pendidikan dan atau satuan pendidikan, juga sebagai salah satu bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.” Jelas Sigit.

Sementara hasilnya, imbuhnya, dimanfaatkan sebagai dasar untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik dan satuan pendidikan di Kabupaten Wonosobo.

Sementara itu, Bupati Wonosobo pada kesempatan tersebut memberi semangat dan motivasi kepada siswa SMP N 2 Selomerto di sela-sela pergantian sesi ujian.

“Persiapkan diri menghadapi ujian ini dengan menambah waktu belajar dan selalu berdoa untuk keberhasilan semuanya.” Pesan Eko Purnomo. “Setelah lulus, jangan lupa untuk meneruskan ke jenjang sekolah berikutnya.” Kata Bupati Wonosobo.

Bupati juga mengingatkan Kepala Sekolah dan Panitia Ujian Nasional Sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, khususnya hal-hal teknis, mengingat pada tahun ini SMP/MTs di Kabupaten Wonosobo sudah sepenuhnya menyelenggarakan ujian nasional dengan berbasis komputer.

“Ingat yang tak pentingnya pada pelaksanaan UNBK ini diantaranya jaringan listrik, jaringan internet dan kemananan hardware dan software yang digunakan untuk UN harus diperhatikan.” Kata Eko Purnomo.

Sedangkan Ketua Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga menyampaikan bahwa Ujian yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Wonosobo adalah Ujian Nasional SMP/MTs dan Nasional SD/MI. Sementara pelaksanaan UN SMP/MTs dilaksanakan dalam tiga hari mulai Senin, 22 April 2019 sampai dengan Kamis, 25 April 2019 yang masing-masing terbagi dalam 3 (tiga) sesi ujian setiap harinya.

“Ujian Nasional SD/MI menggunakan sistem USBN Berbasis Kertas dan Pensil, berbeda dengan Ujian Nasional SMP/MTs yang berbasis Komputer.” Kata Drs. Mushofa, M.Pd.

Disebutkan pula pemantauan untuk USBN SD/MI dilakukan oleh tim dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yang berjumlah 70 (tujuh puluh orang) dan tersebar memantau untuk lebih dari 200 SD/MI di wilayah Kabupaten Wonosobo.

“Sementara Ujian Nasional SMA/MA/SMK menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.” Pungkas Sekdin Disdikpora ini. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *