Dalam Rangka HUT LXXIII, DPR Gelar Lomba Panjat Betumg

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Panjat bambu (betung) menjadi salah satu lomba dalam rangkaian lomba yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI dan HUT ke-73 DPR RI, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).

Ada 73 pohon bambu betung yang disediakan seluruhnya diisi oleh kelompok peserta baik itu kalangan umum, pengamanan dalam DPR RI dan jajaran keluarga Sekretariat DPR RI dengan hadiah-hadiah menarik termasuk sepeda motor.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai antusiasme warga dari tahun ke tahun tidak berkurang, bahkan terus meningkat. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi di tiap perlombaan. Menurutnya hal ini membuktikan bahwa masyarakat mulai memupuk kepercayaan terhadap DPR RI dan juga menyadari bahwa DPR RI adalah rumah mereka.

“Masyarakat terlihat senang sekali dengan perlombaan ini. Panjat bambu betung kan lumayan baru, kalau panjat pinang kan relatif sudah lama. Dan ini juga bagian dari memberi apresiasi kepada warga dalam HUT RI dan HUT DPR RI.”

Ditambahkan, penggunaan bambu betung menggantikan batang pohon pinang sudah dilakukan dalam beberapa tahun ke belakang. Batang bambu atau betung bersifat renewable dan benar-benar merepresentasikan Indonesia.

“Kalau pohon pinang itu sekarang sudah langka, maka kita ganti dengan bambu betung, kalau bambu setelah digunakan kotor-kotoran seperti ini juga masih bisa digunakan untuk hal lain. Dan juga hanya 3-4 tahun menanam, langsung bisa dipakai jadi renewable,” ujar Fadli.

Wakil rakyat dapil Provinsi Jawa Barat V itu berharap agar perayaan seperti ini bisa dilaksanakan terus menerus setiap tahun karena ia melihat banyak kebahagiaan tergambar di kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Saya berharap agar kegiatan seperti ini setiap tahun bisa dilaksanakan. Karena kita bisa lihat banyak orang bawa keluarganya, bawa anak-anak mereka di sana (menunjuk) juga diadakan lomba mewarnai untuk anak mereka. Jadi tergambar jelaslah kebahagiaan di sini,” tegas dia.

Perlombaan bambu betung tersebut akhirnya dimenangkan oleh kelompok peserta bernomor 69 dengan menghabiskan waktu hanya sekitar 2 menit saja untuk mencabut bendera di atas pohon. Bendera tersebut kemudian diserahkan secara simbolik kepada Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Pemenang dari perlombaan ini akan mendapatkan satu unit sepeda motor dari Ketua DPR RI, juara kedua hingga keempat menerima 1 unit TV LED tiap kelompoknya, dan juara kelima hingga 14 akan diberikan satu unit sepeda gunung per kelompok.

Sementara para kelompok peserta lain otomatis mendapatkan hadiah uang tunai Rp1 juta dan barang-barang seperti koper dan berbagai perlengkapan rumah tangga apabila berhasil mencapai puncak. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *