Deklarasi HIMAPINDO Wilayah Jawa Timur

  • Whatsapp

SURABAYA – Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia Surabaya dan Jawa Timur mengadakan Seminar Nasional dan Deklarasi HIMAPINDO Surabaya dan Jawa Timur yang diadakan di gedung Pasca sarjana K10 Universitas Negeri Surabaya Ketintang pada 22 September 2018. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Budiyanto,S.Pi Selaku ketua Umum HIMAPINDO, Perwakilan dari Polda Jatim Bidang BUJP dan Satpam serta Ir. Fandi Utomo DPR RI periode 2014-2019. Seminar tersebut dihadiri setidaknya 600 peserta dari beberapa kampus di Surabaya dan Jawa timur yang ikut hadir dalam Deklarasi HIMAPINDO Surabaya dan Jawa Timur.

Sesi pertama yang diisi oleh bapak Ir. Fandi Utomo menjelaskan bagaimana kita mempersiapkan diri untuk ” Indonesia Emas 2045 “. Dalam materi tersebut diantara yaitu konsistensi Demokrasi, Civilation maju dan berkarakter , serta Ekonomi yang kuat dan berkeadilan. Beliau juga menjelaskan bahwa kalau ingin memulai usaha ada 3 syarat penting diantaranya Teman, Laboraturium (tempat) Mentor. Selain itu juga beliau juga menyatakan kebanggaannya kepada HIMAPINDO karena mereka menjadi pengusaha bukan karena keterpaksaan tetapi karena kesadaran diri untuk menjadi pengusaha.

Dalam sesi kedua yang disampaikan oleh Polda Jawa Timur dalam hal ini dari bidang BUJP dan Satpam beliau mengajak para mahasiswa untuk mencoba salah satu bidang usaha yaitu pengamanan/satpam. Karena Usaha ini juga cukup potensial khusunya di jawa timur . Beliau juga menjelaskan mengenai alur pengajuan perizinan pembukaan usaha pengamanan bagi para mahasiswa yang hadir apabila berminat untuk mendirikan usaha tersebut.

“Menjadi pengusaha bukan hal yang sulit, karena menjadi sarjana jauh lebih sulit. Salah satu caranya sering-seringlah berkumpul dengan pengusaha agar mindsetnya juga tertanam jiwa wirausaha dan HIMAPINDO berkomitmen dan berkonsentrasi dalam membentuk karakter mahasiswa dalam hal kewirausahaan. Beliau juga menegaskan dalam memulai usaha buang jauh perasaaan “takut ” memulai usaha. Degan tetap memberi semangat “Menjadi Pengusaha sebelum Sarjana” Kata Budiyanto, S.Pi selaku Ketua Umum mengatakan dalam materi pada sesi yang ke tiga

Lebih lanjut lagi ,terdapat tujuh komponen yang akan dikombinasikan oleh HIMAPINDO sebagai mitra jaringan kerja sama diantaranya adalah Mahasiswa, Kampus, Pengusaha, Notaris, Perbankan, Pemerintah Pusat/Daerah, Konsultan Pajak/Keuangan. Tidak! ada pilihan terbaik bagi mahasiswa saat ini kecuali mempersiapkan diri menjadi pengusaha.Dalam pemaparannya pula beliau juga menjelaskan mengenai visi dan misi serta bagaimana tahap-tahap menjadi anggota di HIMAPINDO.

Sementara menurut Sekjen Himapindo Eenk Heryono, SE dalam sambutannya menyatakan bahwa anak muda atau mahasiswa adalah aset berharga bagi bangsa dan negara. Karena masa depan bangsa dan negara ada ditangan pemuda atau mahasiswa hari ini. Karena pemuda atau mahasiswa adalah masa depan bangsa maka sewajarnya ia harus mencari solusi untuk bagaimana memandirikan perekonomian bangsa dan negara, dan salah satu caranya dengan mebangun kesadaran untuk berwirausaha. Sehingga himapindo merupakan wadah yang tepat untuk menjadikan dirinya sebagai pengusaha. Bukan rahasia lagi bahwa jumlah pengusaha indonesia jauh lebih sedikit jumlahnya dari jumlah pengangguran saat ini. Oleh karena itu kalau anak muda atau mahasiswa berwirausaha maka kita sangat yakin dan percaya indonesia Emas 2045 akan kita rasakan di negeri ini.

Kegiatan seminar ini dan deklarasi ini juga menetapkan saudara Ir. Fandi Utomu sebagai Ketua Dewan Pembina Himapindo jatim dan Ahmad Hawanto, SE sebagai ketua Badan Pengurus Wilayah Jawa Timur serta Muhammad Fajar Wahyu Ramadan sebagai ketua Badan Pengurus Daerah Surabaya yang pada saat itu juga dilantik langsung Ketua Umum HIMAPINDO Bapak Budiyanto, SPi. (arianto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *