Fahri Desak Kemenhub Segera Evaluasi Maskapai Lion Air

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera melakukan evaluasi kepada maskapai perbangan Lion Air menyusul musibah jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan JT-610 Tujuan Pangkal Pinang tersebut di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) pagi.

Pesawat dengan 181 penumpang dan awak kabin tersebut jatuh di Laut Jawa beberapa menit setelah tinggal landas di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

“Kami minta Kemenhub segera melakukan evaluasi kepada Lion Air. Kita wajib tahu apa penyebabnya jatuhnya pesawat yang menelan korban ratusan jiwa tersebut,” kata politisi senior ini kepada awak media di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (29/10) petang.

Dikatakan wakil rakyat dari Dapil Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, evaluasi oleh Kemenhub terhadap maskapai penerbangan berlogo Kepala Singa itu harus dilakukan karena keselamatan penerbangan nomor satu dan tidak bisa ditawar-tawar.

“Ada apa sih sebenarnya? Kenapa lagi-lagi Lion Air yang makan korban, kenapa tidak mencontoh sefti pesawat Garuda,” ucap politisi sekaligus deklarator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Selain meminta Kemenhub melakukan evaluasi menyeluruh, Fahri lebih dikenal satu dari sedikit anggota dewan yang kritis juga mengingatkan soal pembayaran asuransi korban agar cepat diselesaikan. “Pembayaran asuransi korban juga harus dipercepat,” kata dia.

Pada sisi lain, Fahri mengapresiasi upaya cepatnya Badan Search and Rescue atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menemukan titik koordinat jatuhnya pesawat.

Kalau penyebab pesawat, biarlah pihak Kemenhub yang mengungkap. Fahri hanya melihat dari sisi UU. Ini penting, pemerintah dalam hal ini Kemenhub dan Lion Air harus menjelaskan ada apa dan kenapa, agar kedepannya Lion air tidak lagi seperti ini.

“Apa ada pelanggaran regulasi atau yang dilakukan. Ini penting untuk memastikan keselamatan penerbangan, itu nomor satu,” demikian Fahri Hamzah. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *