Fraksi PKS DPR Kembali Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa NTB

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Melalui penggalangan dana yang dilakukan terhadap para wakil rakyat, kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi PKS DPR RI kembali menyerahkan bantuan untuk para korban bencana gempa bumi yang menimpa anak bangsa di Nusa Tenggara Barat (NTB) pekan lalu.

Ratusan meninggal dunia, ribuan terpaksa harus mendapat perawatan medis dan ribuan rumah, rumah ibadah serta perkantoran dan pertokoan rusak berat serta ringan. Bahkan, sejumlah warga di wilayah terpencil dan sulit dijangkau belum mendapat bantuan. Mereka diberitakan bertahan hidup hanya dengan sisa-sisa bahan makanan yang ada.

Bantuan untuk korban gempa NTB ini diserahkan langsung Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Banten III itu menyerahkan bantuan hasil donasi seluruh anggota Fraksi PKS DPR RI. Bahkan Jazuli juga menyumbangkan gaji Agustus.

“Dengan mengucapkan Bismillahhirrah Manirrahim, hari ini, Senin (13/8) Fraksi PKS DPR menyerahkan bantuan untuk korban gempa NTB berupa 20 tenda, paket sembako, perlengkapan mandi dan kebutuhan lainnya,” kata Jazuli dalam pesan singkat dia melalui WhatsApp (WA) kepada Beritalima.com, Selasa (14/8).

Menurut Anggota Komisi I DPR RI tersebut, bantuan ini adalah bentuk empati dan kepedulian seluruh Anggota Fraksi PKS DPR atas saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa di NTB.

Dia berharap bantuan yang diberikan Fraksi PKS tersebut dapat bermanfaat serta meringankan kebutuhan para korban yang saat ini masih membutuhkan banyak uluran tangan.

Hari ini, kata Jazuli, saya datang bersama didampingi Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi NTB Johan Rosihan selain untuk menyerahkan bantuan juga melihat langsung kondisi korban, penampungan pengungsi dan penanganan korban gempa secara umum oleh Pemerintah maupun Pemda.

“Sebagai wakil rakyat, kita juga ingin mendengar langsung aspirasi dan harapan masyarakat termasuk pemda terhadap proses tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi,” jelas laki-laki kelahiran Bekasi ini.

Pada kesempatan tersebut, Jazuli menyatakan, Fraksi PKS DPRD NTB sudah mengusulkan musibah gempa ini sebagai Bencana Nasional. Fraksi PKS Pusat, tegas Jazuli, akan menguatkan usulan ini kepada Pemerintah Pusat, sambari berharap agar Pemerintah Daerah tidak ragu atau gengsi mengusulkan bencana nasional.

Yang terpenting, kata dia, dengan status tersebut upaya penyelamatan korban, rehabilitasi dan rekonstruksi dapat berlangsung baik dan cepat dengan dukungan optimal dari Pemerintah Pusat.

Seluruh aspirasi dan harapan ini, lanjut Anggota DPR Dapil Banten ini, akan dibahas dan diformulasikan bersama di DPR sebagai bahan dan masukan bagi Kementerian terkait agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi berjalan dengan baik dan maksimal.

“Aspirasi dan harapan masyarakat serta pemda akan kami sampaikan langsung kepada Pemerintah sesuai kewenangan yang kami miliki dan sebagai upaya untuk mendorong kinerja tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi berjalan efektif. Ini yang terpenting.”

Prioritas Penanganan dan Kebutuhan Korban*

Jazuli mengapresiasi upaya penanganan tanggap darurat gempa yang dilakukan Pemkab, Pemda, Pemerintah Pusat, para relawan dan donatur yang sampai saat ini bantuannya terus mengalir ke NTB.

Meski begitu, Jazuli tetap mendesak Pemerintah agar dalam mengkoordinasikan bantuan dilakukan secara merata dan menyeluruh, apalagi Presiden Jokowi telah datang langsung meninjau lokasi kemarin (13/8).

Pantauan kami di lapangan, lanjut dia, beberapa lokasi belum tersentuh bantuan. sehingga Fraksi PKS DPR RI meminta distribusi bantuan merata dan menyeluruh. Jangan sampai tempat-tempat yang didatangi Presiden, misalnya cepat dibantu, sementara tempat lain lambat.

“Tempat-tempat yang tidak dikunjungi Presiden pun tetap harus mndapat bantuan seperti MCK dan perlengkapan mandi, obat-obatan, serta kebutuhan bahan pokok lainnya,” harap Jazuli.

Hasil inventarisir melalui serap aspirasi korban gempa, masalah yang dihadapai korban terdampak bencana meliputi kebutuhan pokok untuk makan sehari-hari, tenda, fasilitas MCK, perlengkapan mandi, obat-obatan, layanan medis, peralatan, tenaga untuk merobohkan bangunan, membersihkan puing-puing dan membangun kembali rumah warga.

“Solidaritas, empati dan kepedulian kita terhadap korban luar biasa. Ini menjadi bukti bahwa bangsa kita memiliki rasa kemanusiaan dan gotong royong yang tinggi. Atas nama Fraksi PKS kami bangga dan mengapresiasi,” demikian Jazuli Juwaini. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *