Gus Ipul : “Selamat Jalan Basofi Soedirman”

  • Whatsapp
Gus Ipul menyampaikan sambutan dan belasungkawa atas meninggalnya almarhum Basofi Soedirman

JAKARTA, beritalima.com – Wafatnya Mayjen TNI (Purn) Mochammad Basofi Soedirman yang merupakan Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998 membuat sedih dan kehilangan banyak pihak, tak terkecuali Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

“Saya pribadi dan mewakili Gubernur Jatim, menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Basofi Soedirman. Almarhum merupakan sosok yang ikut berjasa dalam menyejahterakan masyarakat Jatim. Selamat jalan Bapak Basofi Soedirman, semoga seluruh jasa dan amal baiknya diterima Allah SWT”

Hal itu disampaikan Gus Ipul saat melayat ke rumah duka almarhum Basofi Soedirman di Taman Komplek IAPCO No. 24 Jl. Kemang Timur Raya, Kota Jakarta Selatan, Selasa (8/8).
Sambil menitikkan air mata, Gus Ipul mengatakan, almarhum adalah sosok yang multitalenta. Pasalnya, meski berlatar belakang dari militer, namun almarhum juga piawai dalam berpolitik, ahli birokrasi, dan jiwa wirausahanya pun mumpuni. Karena itu, wafatnya almarhum menjadi kehilangan besar bagi bangsa ini.

Lebih lanjut Gus Ipul mengatakan, perjuangan almarhum dalam menyejahterakan masyarakat akan terus dikenang dan semakin diteruskan. Salah satu program warisan almarhum yang istimewa dan masih relevan sampai saat ini adalah program “kembali ke desa”.

“Program tersebut mengandung semangat pemerataan pembangunan, jadi pembangunan tidak hanya dilakukan di kota-kota besar saja, tapi juga dilakukan di desa-desa sampai pelosok yang paling terpencil. Itulah semangat almarhum yang kami teruskan, kembangkan, dan kami inovasikan” katanya.
Kepada keluarga almarhum, Gus Ipul mendoakan agar diberikan ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan. “Kami doakan semoga ibu Basofi Soedirman, dan segenap keluarga bisa sabar dan diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk meneruskan cita-cita almarhum. Tentunya harapan kami ibu sekeluarga juga dikaruniai kesehatan” pungkasnya.

Usai pembacaan sambutan, jenazah almarhum Basofi Soedirman diberangkatkan menuju Kabupaten Karawang untuk dimakamkan secara militer di Tempat Pemakaman Umum (TPU) San Diego Hills, Margakaya, Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Prosesi penyerahan jenazah dilakukan oleh perwakilan keluarga almarhum, Haris kepada Inspektur Upacara yang juga Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Gadang Pambudi. Selain keluarga almarhum, tampak sejumlah pejabat Pemprov Jatim turut mengantar keberangkatan jenazah. Diantaranya, para Asisten Sekdaprov Jatim, Kepala BPPKB, kepala Satpol PP, Kepala Bakesbangpol, kepala Dinsos, Karo Kesos, dan Karo Umum.

Sementara pejabat tinggi nasional yang ikut melayat ke rumah duka, diantaranya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan KASAL TNI. Adapun Gubernur DKI Jakarta era 1997-2007, Sutiyoso (Bang Yos) juga hadir melayat. (rr)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *