Hari Ini, 131 Kepala Desa Dan 1 Pejabat Kepala Desa Dilantik Wakil Bupati Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com

Setelah melalui proses panjang agenda politik pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 132 wilayah se Kabupaten Trenggalek pada 9 Februari 2019 lalu, akhirnya hari ini Wakil Bupati Trenggalek, Jawa Timur, H. Mochammad Nur Arifin melakukan pelantikan terhadap para Kades terpilih.

Bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Wakil Bupati melantik 131 Kepala Desa dan 1 Pejabat (Pj) Kepala Desa untuk Desa Nglinggis Kecamatan Tugu.

Prosesi pelantikan tersebut dihadiri oleh 131 Kades terpilih dan 1 Pj Kepala Desa Nglinggis Kecamatan Tugu, panitia pilkades, sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta keluarga peserta pelantikan.

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin menyampaikan jika hari ini adanya pelantikan merupakan salah satu kewajiban dari pemerintah daerah untuk mengukuhkan para calon kades yang sudah terpilih sesuai Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Trenggalek No. 13 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, Pengangkatan, Perangkat Desa, dan Pengisian Keanggotaan BPD.

“Dari 132 Kepala Desa terpilih yang kami lantik hari ini berjumlah 131, dan satu Pejabat Kepala Desa dikarenakan Kepala Desa terpilih meninggal dunia sebelum di lantik,” jelasnya pada beritalima.com, Jumat,(19/4/2019).

Wakil Bupati termuda se Indonesia ini menilai bahwa seluruh rangkaian pemilihan kepala desa serentak di Trenggalek beberapa waktu yang lalu berjalan dengan lancar. Walau memang ada sedikit ketidak puasan dari calon yang gagal, namun itu dianggapnya sebagai hal wajar

“Secara keseluruhan, kami menilai bahwa jalannya proses pemilihan kepala desa pada Februari lalu itu berjalan lancar dan aman,” imbuhnya.

Kalaupun memang ada ditemukan pelanggaran, itu sudah dalam ranah berbeda. Dalam prinsipnya, jika semua proses sudah dilalui maka tahapan berikutnya harus segera dilakukan. Karena jika tidak, maka pemerintah daerah bisa dianggap melanggar hukum.

” Semua sudah sesuai prosedur, jika ada persoalan lain ya biar berjalan sesuai hukum yang berlaku,” tandas Gus Ipin (panggilan akrab dari Wakil Bupati Trenggalek).

Dan kepada para Kades yang dilantik, dia (Wabup_red) berharap untuk bekerja lebih giat, sesuai aturan dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Bisa menjalin kerjasama dengan stake holder baik jajaran horizontal maupun vertikal.

“Utamakan layanan publik, beri yang terbaik bagi masyarakat dan hindari pelanggaran hukum sebagaimana sumpah jabatan ataupun pakta integritas yang sudah di sepakati,” harapnya.(her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *