IKAL Jatim Bantu Operasi Bibir Sumbing 20 Pasien PHC Surabaya

  • Whatsapp
Ketua IKAL Jatim dan Dirut PHC Surabaya bersama 7 anak yang akan jalani operasi bibir sumbing di PHC Surabaya, Rabu (20/11/2019

SURABAYA, beritalima.com | Masih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019, Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Komisariat Provinsi Jawa Timur kembali mengadakan bakti sosial. Baksos kali ini memberi bantuan kepada 20 pasien operasi bibir sumbing di Rumah Sakit PHC Surabaya, Rabu (20/11/2019).

Acara seremonial yang digelar di Cafe Kalimas rumah sakit Jalan Prapat Kurung Selatan No.1 Tanjung Perak Surabaya ini dihadiri Direktur Utama PHC Surabaya, Agus Ahmadi, Ketua IKAL Komisariat Provinsi Jawa Timur, Rachmat Harsono, dan Sekretaris Jenderal Mamiek Jatmiko.

Rachmat mengatakan, bakti sosial ini merupakan yang kedua dari dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Sebelumnya, Minggu (10/11/2019), IKAL Jatim juga menggelar baksos di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Kota Surabaya.

Dijelaskan, bantuan dari IKAL Jatim ini berupa uang saku kepada 20 anak yang akan menjalani operasi bibir di RS PHC. Diwakili 7 Pasoen yang akan dioperasi masing-masing Wulandari, Aliftia, Arif Afandi, Nur Azama, Aisyah, Gafa, dan Gemi, secara simbolis diserahkan oleh Ketua IKAL Jatim.

“Anak-anak ini perlu mendapat perhatian kita, supaya kedepan percaya diri, sehingga berhasil mencapai cita-cita, berguna bagi nusa dan bangsa,” ujar Rachmat.

Dia juga menjelaskan, karena operasi bibir sumbing anak-anak ini telah digratiskan oleh PHC, pihaknya dalam hal ini hanya membantu uang saku pada mereka.

Sedangkan dalam bakti sosial di Liponsos Jalan Keputih Tegal Surabaya, IKAL Jatim memberikan bantuan sarana prasarana hingga obat-obatan dan peralatan, diantaranya pemasangan speaker ke barak-barak untuk terapi musik lengkap dengan amplifiernya, yang gunanya selain untuk informasi juga untuk pemutaran musik guna menunjang terapi penghuni Liponsos.

Selain itu juga perapian dan pemasangan jalur air dari pipa PDAM ke filter air siap minum dan jalur ke tandon air bersih, pembuatan area jemuran pakaian, gutter untuk pembuangan air kotor, dan pemasangan rangka besi untuk jemuran.

Untuk obat-obatan yang diberikan diantaranya obat lalat, minyak kayu putih, salep kurap dan kudis, obat fogging nyamuk, dan baygon cair. Dan yang lainnya lagi berupa kran air, tali tampat jemuran, cat besi warna hitam dan tiner, cat tembok putih, plakat tulisan air minum dan gelas dengan logo IKAL Jatim, serta air mineral.

Baksos IKAL Jatim juga kepada para korban gempa tsunami di Palu, Lombok, dan Pacitan. Rachmat Harsono mengatakan, melalui baksos ini pihaknya ingin berbagi cinta, kebahagiaan, dan senyuman pada saudara-saudara yang kurang beruntung maupun yang kena musibah bencana.

Direktur Utama PHC Surabaya, Agus Ahmadi, menyatakan, sangat mengapresiasi kepedulian IKAL Jatim pada para pasiennya. Dia membenarkan, anak-anak ini butuh perhatian, sehingga mereka memiliki kepercayaan diri seperti anak-anak yang lain dalam mengejar cita-cita.

Dikemukakan, operasi bibir sumbing bagi anak-anak ini sengaja digratiskan, karena pihaknya juga ingin berbuat baik pada sesama. Dia sebutkan, untuk pasien umum, operasi bibir sumbing ini bisa mencapai kisaran Rp 15 juta per anak.

“Dalam moment ini kami tidak ingin omong soal biaya. Apa yang kami lakukan ini imbalannya untuk di masa akhirat nanti. Dan kami tidak sendirian di sini, tapi juga bersama IKAL Jatim diantaranya,” ujar Ahmadi. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *