Ikut Light Parade HUT Kota Surabaya ke-730, BPJS Ketenagakerjaan Semakin Top

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Gelaran Light Parade HUT ke-730 Kota Surabaya pada Sabtu (27/5/2023) malam berlangsung meriah. BPJS Ketenagakerjaan atau biasa dipanggil BPJAMSOSTEK ikut dalam kegiatan yang baru kali pertama diadakan ini.

Tampil optimal, bukan hanya Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur yang hadir, tapi juga seluruh Kepala Kantor Cabang Surabaya Raya (Karimunjawa, Tanjung Perak dan Darmo) serta Juanda.

Dan yang menarik, design kendaraan light parade BPJS Ketenagakerjaan cukup apik dan simbolik. Inovasi tema yang ditampilkan BPJS Ketenagakerjaan adalah design kapal yang membawa pekerja mengarungi lautan luas dalam upayanya mencari nafkah untuk keluarga.

Di bagian depan tampak Perisai, dan di atasnya terdapat payung besar sebagai simbol perlindungan bagi pekerja atas berbagai resiko sosial dalam menjalankan pekerjaannya. Kapal
dengan lambung bertuliskan “Kerja Keras Bebas Cemas” ini melambangkan sebagai pengantar para pekerja Indonesia menuju kesejahteraan.

Masyarakat yang memadati kiri – kanan sepanjang rute light parade banyak yang tertarik lihat tampilan kapal BPJS Ketenagakerjaan ini. Mereka semakin paham bahwa ini BPJS Ketenagakerjaan yang juga dikenal dengan panggilan BPJAMSOSTEK.

Sebagaimana peserta lain, Kapal BPJS Ketenagakerjaan yang dikawal karyawan dan beragam pekerja ini pun berhenti di depan panggung kehormatan. Dalam kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo menyerahkan buket bunga HUT Kota Surabaya ke-730 kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Eri yang dijuluki ‘Bapak’e arek-arek Suroboyo’ tidak hanya menerima buket bunga, tapi juga terus mengajak foto bersama para pimpinan dan karyawan BPJS Ketenagakerjaan di depan Kapal BPJS Ketenagakerjaan. Sambutan Walikota Surabaya kali ini serasa spesial bagi BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo mengatakan, kepedulian Walikota Surabaya Eri Cahyadi terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja cukup luar biasa. Ini diantaranya dibuktikan pada sehari sebelumnya dengan mendaftarkan seluruh Ketua RT, Ketua RW dan Ketua LPMK serta Bunda PAUD se-Surabaya ke BPJS Ketenagakerjaan.

Dijelaskan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang sesuai Undang-Undang menyelenggarakan 5 program jaminan sosial ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Untuk memudahkan para pekerja, BPJS Ketenagakerjaan mempunyai aplikasi untuk mengakses informasi terkait program BPJS Ketenagakerjaan. Namanya Jamsostek Mobile (JMO). Melalui JMO peserta dapat mengetahui informasi Saldo JHT, informasi Layanan Rumah Sakit, serta promo menarik dari merchant yang sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dan dapat digunakan untuk pencairan Saldo JHT dalam satu genggaman.

“Hal ini merupakan bukti nyata di tengah masyarakat akan pentingnya memiliki jaminan sosial dan perlindungan diri dari risiko sosial dan ekonomi yang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja,” kata Hadi.

Ditambahkan, tujuan BPJS Ketenagakerjaan mengikuti Light Parade ini selain untuk ikut memeriahkan HUT Kota Surabaya ke-730, juga agar jalinan sinergi dengan Pemerintah Kota Surabaya yang selama ini cukup baik jadi lebih baik lagi.

“Dengan sering bertemu dan komunikasi, sehingga kita bisa mendorong covered kepesertaan di Kota Surabaya,” kata Hadi. “Kalau kemarin Cak Eri Cahyadi sudah mewujudkan perlindungan jaminan sosial bagi Ketua RT, RW, LPMK dan Bunda PAUD sekitar 14.000, kita harapkan para kader Surabaya Hebat yang jumlahnya 20.000 lebih juga dilindungi,” pungkas Hadi.

Light Parade ini berlangsung selang 1 jam selesai Pawai Bunga Surabaya Vaganza. Beda dengan Pawai Bunga yang start dari Tugu Pahlawan, Light Parade start dari Siola, dan berakhir di seputar Balai Kota Surabaya. Baik Light Parade maupun Pawai Bunga, penontonnya melimpah ruah. Sekitar 14 kendaraan dan 2 group drumband serta 63 pelajar yang semuanya berhiaskan lampu mengikuti parade ini. (Gan)

Teks Foto: Kapal BPJS Ketenagakerjaan di acara Light Parade, Sabtu (27/5/2023) malam.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait