Iwan Sunito Beber Rahasia Sukses Investasi Properti

  • Whatsapp
Iwan Sunito

JAKARTA, beritalima.com – Crown Group, pengembang properti terkemuka Australia yang berbasis di Sydney, mengungkap rahasia sukses dalam berinvestasi properti. Dikatakan, kunci utama yang harus diperhatikan adalah lokasi.

Hal ini diungkapkan oleh Iwan Sunito sendiri. Pendiri Crown Group yang juga perantau dari Indonesia ini mengatakan, sebelum melakukan semua investasi di sektor properti perlu diperhatikan dahulu lokasi yang akan dipilih. Sebab, hal itu akan menentukan keuntungan investasi.

“Untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang diperhatikan adalah lokasi, lokasi, lokasi. Sebab, selain reputasi pengembang dan desain bangunan, lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan di masa mendatang,” tandas Iwan, Senin (16/4/2018).

Dijabarkan, daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan, karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau etablished.

Untuk itu, lanjut dia, kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan dibanding kawasan Central Business Distrik (CBD).

Selain itu, dalam berinvestasi properti juga perlu melihat lokasi tersebut dekat dengan apa, bagaimana demografinya, kondisi pasarnya, fasilitas umum yang tersedia apa, pertumbuhan harga, dan daya sewa di wilayah tersebut.

Dicontohkan proyek properti yang sedang digarap oleh perusahaannya di kawasan Eastlakes. Di mana lokasi itu terletak di kawasan suburb timur, atau sekitar enam kilometer dari CBD Sydney dengan bandara domestik dan pantai Coogee.

Dikatakan, meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney.

Hanya tiga menit menuju Alexandria, enam menit ke Surry Hills, delapan menit ke Redfern, pusat kota sekitar 10-11 menit, pantai Coogee 10 menit, Pantai Maroubra 12 menit, La Paraouse 17 menit, bandara domestik 6 menit, dan bandara internasional 11 menit.

Selain itu, demografis Eastlakes juga sangat menarik, karena 46 persen total populasi adalah usia produktif. Hal tersebut menjadi perhatian dalam peningkatan biaya sewa di Eastlakes lima tahun terakhir yang mencapai 21 persen atau rata-rata 4 persen per tahun.

Untuk itu, agar mendapat keuntungan yang maksimal, para calon investor harus bisa mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya perihal area yang ingin dijadikan investasi sebelum mereka menjatuhkan pilihan.

“Semakin banyak informasi yang didapat, semakin akurat pula kalkulasi untuk keputusan yang akan diambil,” kata Iwan. “Dan kapan waktu investasi yang tepat, jawabnya sekarang,” tegas Iwan. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *