KBRI Dar es Salaam Optimalkan Peran WNI Dalam Diplomasi RI di Tanzania

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – KBRI-Dar es Salaam menyelenggarakan acara silaturahim dengan Masyarakat Indonesia dan anggota TAIFA (Tanzania Indonesia Friendship Association). Acara itu diadakan di Wisma Duta Besar RI, Sabtu (19/1/2019) lalu.

Acara ini digelar selain sebagai pembuka tahun, juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2019, sosialisasi terkait pengembangan pelayanan kekonsuleran, serta menjadi forum musyawarah terkait sejumlah kegiatan besar KBRI Dar es Salaam sepanjang tahun 2019 yang akan melibatkan para WNI.

Acara tersebut dihadiri sekitar 50 Warga Negara Indonesia, staf KBRI Dar es Salaam dan anggota Taifa yang bernama Mahmoud Ali Mussa.

Diawali dengan sambutan Dubes RI-Dar es Salaam, Prof.Dr.Ratlan Pardede, yang memaparkan pencapaian – pencapaian KBRI Dar es Salaam dalam segi ekonomi, kekonsuleran, penerangan sosial dan budaya dan politik, dilanjutkan dengan program kegiatan 2019 yang akan melibatkan WNI dan Tanzania Indonesia Friendship Association (TAIFA).

Selain itu juga mengajak semua staff KBRI Dar es Salaam dan seluruh masyarakat Indonesia di Dar es Salaam untuk berperan aktif dalam PEMILU 2019 dan kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2019.

Selain itu, salah seorang warga Indonesia yang sudah 7 tahun tinggal di Tanzania, Alfa, dipersilahkan untuk memberikan sambutan serta kesan dan pesannya terhadap pelayanan KBRI Dar es Salaam.

Dalam sambutannya, Alfa mengatakan, KBRI Dar es Salaam sangat terbuka terhadap seluruh WNI di Dar es Salaam, dan cepat tanggap dalam memberikan pelayanan.

Selain itu pelaksana fungsi ekonomi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan pemaparan terkait sosialisasi Pemilu 2019, dilanjutkan sambutan oleh anggota TAIFA, Mahmoud.

Mahmoud, alumni Pascasarjana Universitas Padjajaran (2015 – 2018) jurusan ekonomi mengucapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia sehingga ia dapat mengenyam ilmu di Indonesia.

Selain itu Pelaksana Fungsi Protokol Konsuler dan Pensosbud juga turut menyampaikan pemaparan terkait konsuler dan acara – acara yang akan diselenggarakan oleh KBRI Dar es Salaam.

Pada Tahun 2019, KBRI Dar es Salaam telah mengagendakan sejumlah program besar dan baru yang membutuhkan partisipasi WNI, yaitu Indonesian Cultural Day, kursus bahasa Indonesia dan berbagai macam kegitan lainnya.

Acara silaturahmi juga ditutup dengan foto bersama seluruh tamu undangan dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan siang bersama dengan menu masakan indonesia sebagai obat kangen atas cita rasa masakan Indonesia bagi semua yang hadir.

Pada acara silaturahmi kali ini terdapat menu spesial khas Sumatra Utara yaitu mie gomak lengkap dengan sayur labusiam dan suguhan khas Indonesia lainnya seperti ayam sambal hijau, rendang, tumis buncis dengan udang rebon, risoles, es buah dan lain-lain.

KBRI Dar es Salaam berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral yang saling menguntungkan antara Indonesia dan negara akreditasi, yaitu Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Uni Komoro. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *