Keren! Masih Pramuka Penggalang Sudah Jago Merakit Robot

  • Whatsapp

Ratusan Pramuka Penggalang dari 33 Provinsi di Indonesia tampak sibuk merakit robot. Pramuka berusia 11-15 tahun (usia SMP) itu berusaha menampilkan karya terbaiknya dalam Kompetisi Merakit Robot pada Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) pada Kamis (26/10), di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Bagi peserta putra lomba dilaksanakan di Aula Ken Dedes, sedangkan putri di Aula Srikandi. Koordinator Lomba Bidang Teknologi Tepat Guna, Mohammad Laiyin menjelaskan, lomba ini diikuti dua orang setiap regunya. Jadi, jumlah peserta kompetisi itu sebanyak 132 orang.

“Mereka merakit robot jenis line follower analog atau robot yang dapat mengikuti garis warna hitam atau putih. Perlengkapannya sudah disiapkan panitia, kemudian mereka sendiri yang merakitnya,” ujar Mohammad Laiyin di lokasi.

Meski masih kecil, mereka sudah jago merakit robot. Hanya diberi waktu dua jam, robot yang mereka rakit sudah bisa beroperasi dan melenggak-lenggok mengikuti garis yang sudah disiapkan.

“Robot peserta harus bisa mengikuti rute yang dibuat panitia dengan garis. Robotnya harus bisa menghidupkan sensor kanan dan kiri supaya bisa mendeteksi,” tambah Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Pembinaan Anggota Dewasa itu.

Pada jam yang sama, juga diadakan Lomba Membuat Obat Tradisional di Aula Cut Nyak Dien, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Lomba ini diikuti tiga orang setiap regunya. Mereka berlomba-lomba menunjukkan kepiawaiannya membuat obat dari bahan-bahan alami, baik tumbuh-tumbuhan maupun buah-buahan.

“Ada 66 jenis obat tradisional khas dari daerah masing-masing. Kita menilai bahan bakunya, tingkat kesulitan proses pembuatan, keunikan, hingga khasiatnya. Kita periksa juga dengan cermat, jangan sampai ada hoaks karena bisa berbahaya sekali,” tambahnya.

Selain itu, juga diadakan Lomba Penggunaan Media Sosial. Koordinator lomba, Ibrahim Dwi Rudianto mengungkapkan, lomba ini diikuti dua orang setiap regunya. Mereka diminta untuk membuat perencanaan platform media sosial Blog dan Facebook.

“Kita ingin mereka juga menjadi kantor berita setidaknya di akun media sosial masing-masing. Mereka jadi duta penyebar konten-konten positif. Blog bisa menjadi sarana latihan mereka menulis dan menyampaikan gagasan yang kemudian dibaca banyak orang,” terang Ibrahim.

LT-V Gerakan Pramuka diselenggarakan pada 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan ini dibuka pada Senin pagi, 23 Oktober 2017 oleh Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Sebagai informasi, LT-V adalah kegiatan yang sangat dinantikan dan prestisius, karena seleksi peserta yang sangat ketat. Regu yang bisa mengikuti Lomba Tingkat Lima (LT-V) adalah Regu yang menjuarai empat Lomba Tingkat (LT) sebelumnya, yaitu LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat Kecamatan), LT-III (tingkat Kota/Kabupaten), dan LT-IV (tingkat Provinsi). Jadi, LT-V adalah pertemuan regu penggalang terbaik di Indonesia. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah ‘Piala Dunianya’ Pramuka.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *