Ketua DPR Minta Komisi VIII Dorong Kemenag Cek Sistem Penyel

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Komisi VIII DPR RI yang membidangi agama dan kesejahteraan sosial untuk mendorong Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pengecekan dan pengawasan terkait dengan sistem baru dalam penyelenggaraan ibadah haji 2018.

Seperti diberitakan, dalam penyelenggaraan jemaah haji 2018, diberlakukan beberapa sistem baru, antara lain sistem gelang barcode dan mempermudah pengurusan imigrasi.

“Saya minta Komisi VIII DPR mendorong Kemenag melakukan pengecekan sistem baru itu berfungsi dengan baik. Dan, juga memastikan gelang barcode itu memuat seluruh data dan informasi jemaah haji,” kata Bambang di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/7) pagi.

Selain itu, politisi senior Partai Golkar ini juga mendorong Komisi III DPR mendorong Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Imigrasi secara bersama untuk meningkatkan pengawasan maupun pelaksanaan keimigrasian seperti rekam biometrik terhadap calon jemaah haji, terutama buat calon jemaah yang telah berusia lanjut.

Kepada Kemenag juga diminta untuk meningkatkan pelayanan terhadap jemaah haji baik berupa pemondokan, transportasi, maupun konsumsi (catering) bagi calon jemaah haji terutama di Arafah maupun masalah kesehatan jemaah, agar para jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman.

Tim Pengawas Haji yang dibentuk Komisi VIII DPR juga harus melaksanakan tugas mereka agar pelaksanaan haji tahun 2018 dapat terlaksana sesuai dengan yang sudah ditetapkan dan ditargetkan.

“Calon haji dan pimpinan jemaah dalam melaksanakan ibadah di Mekah dan Madinah agar mematuhi ketentuan yang ditetapkan Kemenag atau Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), baik mengenai rangkaian ibadah haji, maupun jadwal yang sudah ditetapkan,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *