Ketua PKK Aceh Ikuti Penjurian Dekranas Award di Jakarta

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Darwati A. Gani mempersentasikan program kerja Dekranasda Aceh dalam kegiatan Penjurian Dekranas Award 2017 Bagi Pembina Teladan di Jakarta, September 2017.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari pelaksanaan Dekranas Award 2017 yang penganugrahannya dilakukan pada HUT Dekranas ke 37 tahun 2017.

Dekranas Award akan diberikan kepada perajin untuk karya kriya Indonedia terbaik, yang akan diberikan kepada mereka yang berprestasi mengembangkan kualitas, kreatifitas dan inovasi maupun desain baru sehingga menjadikan produk kerajinan tersebut mempunyai daya saing baik di pasar domestik maupun global.

Sedangkan pembina teladan diberikan kepada dekranasda provinsi berkoordinasi dengan dekranasda kabupaten/kota yang berhasil membina perajin yang dapat menghasilkan produk kerajinan unggulan daerah yang dikembangkan berdasarkan seni tradisi dan budaya lokal, sehingga dapat menjadi representasi dari daerah tersebut.

Dalam pemaparan program kerja dekranasda Aceh terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat bidang kerajinan, Darwati menyampaikan, setiap kabupaten/kota di Aceh sudah membentuk desa kerajinan yang setiap tahunnya pada saat rakerda dekranasda se-Aceh ditetapkan beberapa desa kerajinan terbaik.

Hasil kerajinan tersebut, lanjut istri Gubernur Aceh itu, juga mendapat promosi dan pemasaran melalui showroom-showroom dekranasda Aceh, pameran, bantuan bahan dan peralatan pendukung produksi kerajinan.

“Juga memberikan berbagai pelatihan untuk peningkatan kapasitas SDM perajin maupun peningkatan kualitas dan mutu produk kerajinan agar menjadi lebih bagus serta dapat bersaing di pasaran,” ujar Darwati.

Dalam penjurian karya kriya terbaik Indonesia itu, Dekranasda Aceh mengirimkan produk unggulan berupa bordir kerawang, anyaman padan yang merupakan salah satu produk warisan budaya yang terus dikembangkan baik dari segi desain, divertifikasi produk, peningkatan kualitas maupun finishing,’’(**)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *