Kinerja Dekranasda Jatim Dipuji Ketua Harian Dekranas

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Kinerja dewan Kerajinan Daerah Prov. Jatim yang diketuai Dra Hj Nina Soekarwo, khususnya dalam membina dan memajukan para pengrajin di Jawa Timur, dipuji Ketua Harian Dekranas Ny Erni Tjahjo Kumolo.

Pujian disampaikan isteri Menteri Dalam Negeri dihadapan Ketua Umum Dekranas Hj Mufida Jusuf Kalla dan isteri gubernur/ ketua Dekranasda se Indonesia, pada Rakernas Dekranas di gedung Jend A H nasution lantai 16 Kementerian Pertahanan RI Jl Merdeka Barat 13-14 Jakarta Pusat, Selasa (26/9).

Dalam Rakernas Dekranas ini, Bude Karwo-sapaan akrab Dra Hj Nina Soekarwo mempresentasikan berbagai program dan kegiatan Dekranasda Jatim dalam memajukan pengrajin UMKM di Jatim. Diantaranya, bekerjasama dengan Pemprov. Jatim memfasilitasi pemberian bunga pinjaman 6 % yang berasal dari dana bergulir bank UMKM dan Bank Jatim yang berasal dari loan agreement antara Bank Jatim dan Pemprov Jatim. Program lain diantaranya fasilitasi pengurusan ISO, SNI, HAKI dan merek batik.

Langkah tsb, jelas Bude Karwo, mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, termasuk para pengrajin. Bukan hanya mampu mengentas kemiskinan dan pengangguran khususnya kaum wanita di Jatim, tetapi juga meningkatkan income per capita di Jatim, yang tahun 2017 naik menjadi US $ 3.900 atau sekitar Rp 50 juta.

Dalam presentasinya, Bude Karwo juga menegaskan komitmennya untuk menjadikan dan mempertahankan batik, perhiasan, dan produksi kulit sebagai produk unggulan Jatim. Demikian pula, produk tenun dan dekorasi batik untuk rumah tangga sebagai inovasi pengembangan batik, serta produk barang kerajinan yang memadukan batik dan dan kulit. Alasannya, beberapa kabupaten/ kota di Jatim memiliki potensi unggulan produk-produk tersebut, seperti Tuban, Kab Malang, Kota Kediri, dan Trenggalek.

Untuk merealisasikan program tersebut, lanjutnya, dilakukan sinergi dengan Pemerintah Prov. Jatim khususnya melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan teknis. Diantaranya, Pelatihan Peningkatan Mutu Batik Tulis Warna Alam, Peningkatan Mutu Produk Kulit dan Alas Kaki, pelatihan Peningkatan Mutu Batu Mulia, dan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Desain Bordir.

“Kedepannya, Dekranasda Jatim akan lebih fokus pada kualitas produk, design, dan promosi melalui internet (E-commmerce),” ujarnya sambil menambahkan juga akan dilakukan penguatan daya saing produk industri pengrajin melalui kepemilikan legalitas dan standarisasi produk.

Ditambahkan, Dekranasda Provinsi Jatim tidak lupa juga menggelar pameran produk unggulan para pengrajin Jatim. Diantaranya, dengan mengikuti pameran “KRIYANUSA” yang digelar Dekranas dari tg 27 September – 1 Oktober di Jakarta Convention Center. Pameran tsb direncanakan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *