Kodim 0825 Banyuwangi Gelar Pelatihan Dasar LATOSAR Pada Jajaran

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Dalam pelaksanaan Latorsar tersebut tampak hadir Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto, Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, Pasiops Kodim 0825 Banyuwangi Kapten Inf Sabar Wiyono, Danramil 0825/01 sampai Danramil 0825/21, Dan Posramil 0825/22, Danposramil 0825/23, Danposramil 0825/24 serta prajurit Tamtama, Bintara Jajaran Kodim 0825 Banyuwangi yang dipusatkan di Aula Pangsar Sudirman Kodim 0825 Banyuwangi, Senin,11/02/2019

Disela-sela kegiatan tersebut Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan baik itu pengetahuan maupun keterampilan perorangan dasar yang sesuai dengan tingkat kecakapan/pangkat masing-masing Prajurit Teritorial sebagai upaya mewujudkan prajurit yang Profesional,”tuturnya.

Adapun Gumil dalam latihan Latorsar tersebut yaitu Adapun Gumil dan Instruktur antata lain untuk materi BPUP 1 s.d 4 : yaitu Gumil Sikap Ter/Puan Ter : Kapten Inf Mustohir, Intelijen Ter/ Bakti TNI : Pelda Wahyudi, Ketatalaksanaan Binter : Kapten Inf Misdari, Bintahwil/Binwanra : Kapten Inf Totok Yulianto, Komsos dan Dal , Pelda Mohadi. PUP 2 s.d 7 , Nikpursar/Oli/Lat/Taktik/Patroli : Kapten Cku Rakup, Dasar Intel/Gakplin Tatib : Kapten Kav Makali, Navrat/Ilmed/Hukum : Serma Suryadi, Senjata/Teroterial : Kapten Inf I Ketut Sukranata, Pengbak/Niksarbak : Serma Sumitro. Perusakan/Longmalap : Kapten Inf I Made Danukusuma, Komunikasi/pen : Kapten Inf Agung Sik Bianto serta Pionir : Peltu Imam Subadi.

Kegiatan Latihan perorangan Dasar Teroterial UTP TER serta Latorsar Intel dan UTP Intel, diawali dengan apel pengecekan peserta dan Gumil oleh Mayor Inf Herawady Karnawan, Kasdim 0825 Banyuwangi serta dilanjutkan Materi Sikap Ter/Puan Ter oleh Kapten Inf Mustohir yang intinya 5 kemampuan Ter yang meliputi Litpamgal, Sepesialis Tetangkasan Binter, Ketahanan Wilayah, perlawanan rakyat dan Komsos.

Materi Intelijen Ter/ Bakti TNI oleh Pelda Wahyudi yang intinya, Temu cepat dan lapor cepat, Melaksanakan Tindakan Pengamanan, Melaksanakan penelitian terhadap dokumen-dokumen, Melaksanakan pengamatan dan penggambaran sasaran berupa manusia.

Materi Ketatalaksanaan Binter oleh Kapten Inf Misdari yang intinya Menjelaskan struktur organisasi dan tugas pemerintah Desa, Menggerakkan kegiatan siskamling, Mengajak masyarakat disekitarnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada hari besar Nasional, Temu cepat dan lapor cepat.

Materi Bintahwil/Binwanra oleh Kapten Inf Totok Yulianto yaitu materi terkait Membantu pengawasan pembinaan latihan Wanra, Membuat perencanaan penyelenggaraan kesadaran berbangsa dan bernegara kepada Sekolah/Pelajar.

Materi Komsos dan Dal oleh Pelda Mohadi yaitu materi tentang melaksanakan pengawasan dan diskusi kepada Masyarakat, Melaksanakan penyampaian pesan yang positif melalui media massa, Bersilaturahmi kerumah warga masyarakat (Anjangsana) sedangkan Materi yang diberikan dalam latihan tersebut sesuai dengan Buku Pedoman Umum Prajurit (BPUP) 1 sampai 7.

Sementara itu Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan berpesan, agar peserta dan penyelenggara latihan tersebut melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, Sehingga, materi-materi yang telah diberikan betul-betul diterima, untuk diterapkan di masyarakat.

“Latihan ini dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan Prajurit, sesuai tingkat kecakapan/kepangkatan masing-masing. Agar para Prajurit selalu siap dalam melaksanakan tugas Teritorial di lapangan,”tuturnya.(Abi/Pendim0825)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *