Kontingen Indonesia Borong Enam Medali Emas di Kompetisi WSA

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com– Siswa dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berhasil meraih juara umum ajang kompetisi Internasional World Skills Asia (WSA) tahun 2018, yang diikuti 19 negara, dengan memborong 6 medali emas dan 3 medali perak. Kompetisi WSA tersebut dilaksanakan tanggal 24-29 November 2018, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kompetisi WSA yang diikuti oleh 19 negara yakni Taiwan, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Arab Saudi, Malaysia, Kuwait, Mesir, Russia, Belarus, Barbados, Jerman, India, Belgia, Amerika Serikat, Finlandia, dan Brazil itu, dalam persiapan ajang ini dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud bekerjasama dengan PPPPTK BOE Malang.

Perlu diketahui bahwa WSA adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan 2 tahun sekali, dengan tujuan meningkatkan daya saing Asia dan meningkatkan persaudaraan di antara negara-negara Asia. Yang dalam pelatihan dilakukan institusi partner mengacu pada standart kompetensi internasional.

“Capaian ini sangat membanggakan, melebih target, para siswa kita berhasil memborong 6 medali emas dan 3 medali perak dan menjadi juara satu dari 19 negara perserta. Itu melebih target kita mendapatkan 3 emas,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, didampingi Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, dan Direktur Pembinaan SMK, M. Bakrun, saat menyambut para peraih medali ajang tersebut, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu malam, (01/12/2018).

Menurutnya untuk para siswa peraih medali emas tersebut, Kemendikbud memberikan penghargaan berupa pelakat dan uang pembinaan sebesar Rp 27 juta. Sedangkan untuk medali perak diberikan pelakat dan uang pembinaan sebesar Rp 22 juta.

“Kepada seluruh peraih medali, juga akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan baik di dalam negeri ataupun di luar negeri sesuai dengan bidang keahlian masing-masing,” tutupnya.

Enam siswa yang berhasil mendapatkan medali emas, yakni:

  1. Luki Centuri untuk bidang Web Design
  2. Firli Rizki untuk bidang Electrical Installation
  3. Rizki Muhammad untuk bidang IT Network System Administration
  4. Hengky Sanjaya untuk bidang IT Software Solution for Business
  5. Isnaeni Wulandari untuk bidang Fashion Technology
  6. A.Nur Fatkhul Cholbi untuk bidang Refrigeration and Air Conditioning.

Sedangkan medali perak diraih oleh:

  1. Salyan Alqosomi untuk bidang Welding
  2. Mustaqim untuk bidang Automobile Technology
  3. M. Khairul Abdulloh untuk bidang Electronics.

Anggota delegasi Indonesia tersebut merupakan lulusan SMKN 3 Boyolangu, SMKN 2 Kendal, SMKN 4 Surakarta, SMKN Bandung, SMKN 2 Banyumas, SMKN 2 Kota Serang, SMKN 2 Sukohardjo, SMK PGRI 3 Malang, dan SMK Immanuel. [Red]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *