Latihan Antar Satuan Koopsau I Jalak Sakti 2018 Resmi Dibuka

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Latihan Antar Satuan Koopsau I dengan sandi Jalak Sakti 2018 resmi dimulai, ditandai dengan pelaksanaan upacara pembukaan latihan tadi pagi di lapangan upacara Makoopsau I yang dipimpin oleh Kepala Staf Koopsau I Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi.

Latihan Jalak Sakti 2018 merupakan latihan puncak Koopsau I yang dilaksanakan dengan rangkaian mulai dari tahap Gladi Posko, Tactical Air Manuvering Game (TAMG), dan dilanjutkan tahap manuver lapangan yang direncanakan berlangsung mulai hari ini tanggal 9 juli sampai 20 Juli 2018. Gladi Posko dilaksanakan di Makoopsau I dan Gedung Olah Yudha Sekkau Halim Perdanakusuma, sedangkan untuk manuver lapangan dilaksanakan di Air Weapon Range (AWR) Siabu, Desa Sepahat Dumai dan Bandara Tuanku Tambusai Propvinsi Riau. Rangkaian kegiatan latihan diakhiri dengan gelar Karya Bakti dan Bakti Sosial Koopsau I di daearah Pasir Pangaraian dan sekitar Lanud Roesmin Nurjadin.

Panglima Koopsau I Marsekal Muda TNI Nanang Santoso, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Koopsau I mengatakan, latihan Jalak Sakti merupakan Program Kerja Koopsau I yang dilaksanakan rutin setiap tahun, dengan tujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan Kotama TNI AU dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan mekanisme kegiatan operasi udara secara tepat guna dan berhasil guna. “Latihan ini merupakan simulasi penggunaan kekuatan Koopsau I untuk menguji kemampuan, kesiapan operasional dan profesionalisme personel Koopsau I dalam menghadapi kontijensi di wilayah yang menjadi tanggung jawab Koopsau I, tegasnya.

Dalam akhir sambutannya Pangkoopsau I memberikan penekanan antara lain: agar setiap unsur yang terlibat mengerti dan memahami tahapan latihan serta memperhatikan mekanisme atau prosedur hubungan komando dan staf, serta tingkatkan sistem kerjasama taktis dan teknis antar satuan. Selanjutnya, ditekankan agar latihan ini dapat dijadikan inspirasi dan dapat memberikan semangat bagi personel untuk semakin mengembangkan kemampuannya dalam penugasan di medan sebenarnya, serta tak kalah penting Pangkoopsau I menekankan faktor keselamatan terbang dan kerja sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Latihan Jalak Sakti 2018 , para Komandan Lanud seluruh Jajaran Koopsau I, para pejabat Makoopsau I, para pelaku latihan, wasdal dan penilai. Setelah selesai upacara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan penataran pelaku dan wasdal bertempat di Gedung Roesmin Nurjadin Makoopsau I.

Symber : Berita Penkoopau I

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *