Layanan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Naik 218%

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – PT XL Axiata Tbk mencatat kenaikan trafik layanan Data di hari Lebaran Idul Fitri 2017. Dalam periode 20-27 Juni 2017 tercatat kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibanding trafik di periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan ini didorong oleh terutama meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

Dan meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan tanpa hambatan yang berarti.

“Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Rabu (28/6/2017).

Yessie memaparkan, layanan Data kembali mendominasi kenaikan trafik, dimana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan Data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform.

Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia.

Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 Lebaran tercatat lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%.

Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%.

Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Kemajuan teknologi digital juga semakin memberikan layanan yang berkualitas untuk akses ke layanan instant messaging, voice, video, dan video call seiring dengan semakin meningkatnya kualitas jaringan Data yang tersedia di tengah pelanggan.

Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%, sekaligus menunjukkan perubahan behavior pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS.

Kenaikan yang tinggi ini juga terdorong oleh kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional (telepon biasa).

Kualitas akses Data melalui jaringan 4G LTE terbukti telah meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan Data, termasuk konten Data berukuran besar seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi.

Peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasuk download/upload sekitar 6%, serta pada akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%.

Kenaikan trafik semua jenis layanan Data tersebut juga terdorong oleh dampak positif perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.

XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat.

Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung. Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%.

Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%.

Jumlah pelanggan yang ada di suatu wilayah akan mempengaruhi kenaikan trafik di wilayah yang bersangkutan.

Kenyamanan pelanggan atas layanan XL Axiata di hari Lebaran juga tercermin dari menurunnya tingkat keluhan pelanggan yang masuk melalui customer service dibandingkan rata-rata keluhan yang masuk di hari biasa.

Penurunan yang terjadi cukup signifikan, yaitu mencapai sekitar 22%, bahkan juga lebih rendah dibandingkan keluhan yang masuk di hari Lebaran tahun sebelumnya, yaitu sekitar 3% lebih rendah.

Tim XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi normal kembali pasca Lebaran sekitar akhir pekan depan ketika warga Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mulai kembali dari kampung halaman atau tempat mereka berlibur. (Ganefo)

Teks Foto: Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya (kanan).

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *