Legislator Papua “Tiga Bupati di Minta Segera Selsaikan Masalah Pertikaian Antara Suku Amugme Dan Nduga”

  • Whatsapp
Caption foto :emmus M gwijangge anggota komisi I DPR Papua

Jayapura, Beritalima.com- Kasus pembunuhan yang terjadi di Kabupaten Timika yang telah menewaskan Titus Lokbere dan Wangma yang di picu dari kasus pembunuhan di Pasar Lama,Sentani beberapa waktu lalu namun hingga kini masalah tersebut masih terus bergulir di Kabupaten Timika.

Terkait hal itu salah satu Legislator Papua dari Komisi I DPR Papua Emmus Gwijangge menyeroti permasalahn tersebut dan meminta agar pemerintah dan pihak keamanan harus segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.(Selasa/13/3/2018)

Menurutnya pemerintah Provinsi Yakni PJS Gubenur Papua dan para Bupati dari tiga Kabupaten tidak boleh membiarkan hal ini terjadi berlarut larut di Timika. Dan kepada pihak Polda Papua sgera bertindak dan memburu otak pelaku pembunuhan tersebut.

“Bupati Puncak,Nduga dan Timika Segera selesaikan masalah ini dan aparat swgera amankan juga alat alat perang mereka seperti anakan panah dan benda tajam lainnya,”Ujarnya

Emmus menilai jika hal ini tidak di selsaikan dengan cepat makan dampak yang akan di timbulkan akan berepngaruh pada puncak Pilkada tahun ini.

“Kalau ini tidak di selesaikan maka akan mengancam pemilukada di timika dan Puncak hingga pilgub Papua pada 27 juni mendatang,”Ucap Emmus

Untuk itu Emmus Berharap agr masalah ini bida cepat di atasi baik melalui jalur hukum dan secara adat dan kepada kedua suku baik suku Amugme dan Nduga untuk tidak membesar besarkan masalah ini.

“Hal ini sangat rawan jangan sampai ada pihak ketiga yang memanfatkan keadaan ini sehingga masalah akan semakin rumit,dan kepada
Bupati masing masing daerah harus segera bertindak karena mereka adalah rakyatnya sehingga masalah ini tidak merembes ke kabupaten dan kota lainya yang ada di Papua kalau memang akar masalah dari timika sebaiknya di selesaikan juga di timika,”Harapnya

Lebih lanjut Emmus meminta kepada Pihak Polda Papua untuk segera membentuk tim khusus untuk segera mensterilkan daerah Kwamki lama yang selama ini menjadi pemicu masalah.

“Usir saja masyarakat yang ada di kwamki lama dan tidak boleh berada di tempat itu karena selama ini di lokasi itu selalu menjadi sumber masalah ,”Pungkasnya (Res)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *