Menag: 1 Ramadan 1437 H Jatuh Pada Senin 6 Juni 2016

  • Whatsapp

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa. Hasilnya, 1 Ramadan 1437 H disepakati jatuh pada Senin, 6 Juni 2016.

“Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016,” kata Menag Lukman dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2016).

Keputusan ini diambil setelah ahli dari Planetarium Jakarta memaparkan posisi hilal. Menurut Lukman, ada laporan dari 93 petugas dari 93 titik di Tanah Air. Dari daerah-daerah tersebut, sedikitnya ada enam wilayah yang menyatakan melihat hilal. Ada pun enam wilayah tersebut adalah: Kabupaten Belu NTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro. Posisinya berada di 2,3 derajat sampai 4,6 derajat di atas ufuk.

“Kesemuanya telah menyatakan diri di bawah sumpah bahwa mereka telah melihat hilal,” ujar Lukman.

Mewakili pemerintah, Lukman menyampaikan ucapan selamat menjalani bulan suci ramadan. “Tentu kita bersama-sama bisa menjaga kesucian bulan ramadan agar kualitas ibadah kualitas peribadatan dan kita menjalani ibadah ramadan ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Sidang isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat KH Ma’ruf Amin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma’rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat. Sementara itu dari Nahdatul Ulama (NU) diwakili oleh beberapa pengurus antara lain Zaki Mubarak, Zulfan Sofwa, dan Rozali Masruli.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *