Moch Efendi, Dirikan Usaha Transpotasi Online Untuk Kemajuan Desa

  • Whatsapp
Moch Efendi, siap meluncurkan JTrans guna peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

SURABAYA, beritalima.com – Ada dua hal yang selama ini ada di benak Moch Efendi. Pertama, apa lagi yang perlu disumbang buat bangsan negara, dan yang kedua gerakan membangun desa.

Seiring dengan kian maraknya pertumbuhan transportasi berbasis aplikasi, juga menjadi pemikiran Cak Efendi kenapa belum ada yang mengakomodir ‘wong cilik’.

Karena itu, jurnalis yang sering menulis masalah-masalah sosial ini timbul ide untuk mendirikan JTras, penyedia layanan transportasi online berbasis aplikasi, kurir, hingga layanan jual beli produk UMKM.

Dalam pertemuan dengan sesama insan media, Efendi membeberkan sekilas tentang konsep JTrans yang sudah siap dilaunching tepat pada peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember 2018 mendatang. Dia tegaskan, JTrans adalah layanan transportasi yang dikembangkan anak bangsa asli Jawa Timur.

Ide itu tercetus saat melihat beberapa masyarakat kecil yang mengandalkan kehidupannya dengan menarik becak, bentor, dokar, ojek sepeda angin atau transportasi lainnya yang mulai tersisihkan oleh kehadiran aplikasi transportasi asing yang mulai merambah ke beberapa wilayah di Jawa Timur.

Dia mengaku hatinya terketuk untuk berbuat sesuatu supaya transportasi itu bertahan dan tetap berdampingan dengan transportasi modern yang sudah ada.

Layanan transportasi online ini akan menggarap wilayah pedesaan. “Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi yang belum digarap kompetitor,” tandas dia, Jum’at (21/9/2018) sore.

Sama seperti transportasi online lainnya, pihaknya akan merekrut mitra driver motor dan mobil. Tapi kali ini, fokus layanan ini akan diarahkan ke desa-desa dan mitra driver juga diperluas hingga ke pengemudi becak, bentor dan andong.

Peluang ini digarap untuk memaksimalkan layanan komunikasi berbasis data (internet) yang kini sudah merambah hingga ke wilayah pelosok. Kader Partai Perindo ini sudah menggandeng sponsor untuk memfasilitasi pengadaan android bagi para driver becak dan andong.

Pihaknya memastikan, tarif ojek online yang digarapnya itu lebih murah dan kesejahteraan para mitranya lebih tinggi dibanding ojek online yang ada sekarang. Selain bermain di potongan tarif, pihaknya juga menyediakan layanan antar beragam produk.

Menurutnya, bisnis yang dibidani sejumlah tokoh dari berbagai latar belakang ini lebih diarahkan untuk mengembangkan desa. “Kami prihatin, banyak warga kami yang sukses di rantau. Tapi lupa dengan desanya sendiri,” ujar pria asal Madura ini.

Dia menyebut banyak tokoh sukses yang aktif menggelar bakti sosial di berbagai wilayah, tapi desa asalnya malah tidak masuk dalam daftar wilayah garapan mereka.

Bisnis baru ini sejalan dengan misi Efendi yang kini maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil XI Madura. Caleg yang maju dengan jargon ‘Ayo Bangun Desa’ ini siap mengajak jaringannya di 38 kab/kota untuk ikut membantu mempromosikan daerahnya masing-masing.

Disamping layanan transportasi, JTrans juga menyediakan layanan JTranS food dengan menggandeng beberapa tenant di mall-mall, juga kurir kilat, serta mempromosikan produk UMKM.

“Kami punya ribuan mitra UMKM yang sudah menyatakan siap bergabung. Dengan ini bisa membantu program Pemerintah dalam memasarkan produk UMKM,” kata Efendi.

Ditambahkan, rencana bisnis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan ini kini tinggal proses penyempurnaan aplikasi.

Mengenai perijinan sudah siap, termasuk badan usahanya yang berbentuk koperasi. Selain itu, para mitra atau driver JTrans nantinya akan didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *