Nuansa Kearifan Lokal Mewarnai Tradisi Lepas Sambut Danrem 102/Pjg

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA, beritalima.com – Komando Resort Militer 102/Pjg melaksanakan acara tradisi Lepas Sambut Komandan Korem 102/Pjg. Dari Kolonel Inf Harnoto S.Sos, kepada Kolonel Arm Syaiful Rizal, S.Sos. di Makorem 102/Pjg, Senin (18/2/19).

Nuansa kearifan lokal terlihat dalam prosesi Lepas Sambut Danrem 102/Pjg tampak dari ornamen dan prosesi yang digunakan. Prosesi dipimpin tokoh adat kademangan Pahandut, Palangka Raya diawali dengan potong pantan oleh pejabat baru, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S.Sos didampingi ibu, selanjutnya diantar Danrem lama, Kolonel Inf. Harnoto menuju Makorem.

Pada prosesi selanjutnya, pemakaian seperangkat pakaian adat dayak, mandau, tameng dan lawung oleh Danrem lama. Kemudian dibawah lindungan pedang pora, Danrem lama diantar Danrem baru dan para Dansat jajaran dan perwira Korem 102/Pjg lainnya berjalan menuju pintu gerbang. Di pintu gerbang, Danrem lama melepas pakaian adat Dayak dan perangkat lainnya diserahkan kepada Danrem baru.

“Singgungan antara satuan militer dengan kearifan lokal merupakan hal yang niscaya. Bagaimanapun juga peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit kita junjung, apabila dijadikan sebagai semangat melaksanakan tugas, niscaya akan berhasil. Hidup menjadi harmoni dengan nilai-nilai lokal Kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh”, pungkas Koordinator Tradisi Mayor Inf. Wiyanto. (Pen).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *