Pandangan DPC PKB Gresik Mengenang Sosok Gusdur Sang Guru Bangsa

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Sosok Alm KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur yang begitu fonemanal dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan membuatnya menjadi tokoh yang selalu dikenang banyak orang meski sudah 9 tahun beliau wafat.

Di Bulan Desember dimana sang presiden ke-4 ini berpulang, banyak masyarakat baik, Ormas, Golongan, Suku,Parpol, maupun agama lain turut memperingati Haul wafatnya cucu Haddratussyaikh KH Hasyim As’ari (Pendiri NU) ini.

Seperti yang dilakukan DPC PKB Gresik. Bertempat di di gedung Graha Gus Dur Jalan RA. Kartini No. 162 Kebomas, pada Sabtu malam (29/12/2018) mereka menggelar Haul Gusdur yang ke-9 dengan khidmat.

Diawali sejak ba’da magrib, terlihat beragam acara dilaksanakan. Mulai dari Istighosah sampai mengupas gagasan besar tokoh pluralisme ini.

Dalam acara itu, Ketua DPC PKB M Qosim saat didapuk menjadi pembicara mengatakan, banyak gagasan Gusdur yang menjadi suri tauladan bagi bangsa Indonesia. dimasa hidupnya Ia dikenal getol membela kemanusiaan. Bahkan Ia rela dicacimaki banyak orang demi membela rakyat yang tertindas. Maka tidak heran ketika wafat, banyak orang menangisi kepergiannya dan hingga sekarang tiap hari makamnya dibanjiri ribuan peziarah.

” Gusdur ini orang tua kita, Gusdur ini panutan kita. pemikiran-pemikirannya bukan hanya memberikan kebangggan bagi warga Nahdliyin bukan hanya bagi bangsa indonesia tetapi banyak bangsa bangsa lain mengaguminya,” ujar Qosim, yang juga menjabat wakil Bupati Gresik ini.

Dimata Qosim, ada dua gagasan fundamental Gusdur yang patut dikembangkan oleh generasi saat ini yakni tentang ketuhidan dan kemanusiaan.

“Beberapa nilai yang diajarkan Gusdur yang pertama nilai ketauhidan, ini merupakan fondamen. yang kedua nilai kemanusiaan. Gusdur sering dalam melakukan macam aktifitas nilai nilai kebersamaan nilai-nilai kemanusiaan itu yang ditekankan .Nah! ini yang membuat Insya Allah ketika kita sekalian memiliki akidah yang sangat kokoh maka melakukan apaupun itu tidak akan ragu ragu. bahkan demi perjuangan mengorbankan harta benda nyawa itu tidak ada masalah. Itu yang kami tanamkan pada segenap reka-rekan pengurus DPC PKB agar memiliki semangat juang seperti yang dimiliki Gusdur dan diajarkan oleh beliau,” tutur Qosim

Sementara itu, Sekertaris DPC PKB Gresik Imron Rosyadi juga punya pandangan tentang sosok guru bangsa ini. Menurutnya Gus Dur adalah tokoh besar. Ia adalah orang yang tulus dan toleran dalam setiap tindakannya. Tulus untuk berjuang demi tegaknya kebenaran dan keadilan. rela mengorbankan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara.

” Beliau (Gusdur) mengajarkan keberagaman menjadi alasan untuk menguatkan antar sesama sebagai warga bangsa,,petuah Hit beliau yaitu yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan, menjadi salah satu media percepatan nilai nilai luhur kemanusiaannya melalui politik,” tuturnya. (Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *