Pejuang Koperasi Akar Rumput Hadiri Undangan Bali Smesco Festival 2019

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Sekretaris Jenderal Koperasi Akar Rumput, Wulan Yanuk Muklis, menghadiri undangan Bali Smesco Festival (BSF) digelar selama dua hari, 20 – 21 April 2019, Sabtu di Creative Space, Lt3, Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

Hadir Menteri Koperasi dan UKM, A.A.G.N. Puspayoga yang didampingi Gubernur Bali Wayan Koster sekaligus membuka kegiatan acara tersebut, Sabtu (20/4/2019) di Creative Space, Lt3, Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

BSF yang bertemakan “Melalui Bali Smesco Festival UMKM Bali Menembus Pasar Global”. Sebanyak 38 peserta dari UKM asal Bali ikut dalam pameran tersebut, karena hajatan itu merupakan upaya Pemprov Bali mempromosikan produk usaha kecil menengah (UKM) Bali kepada masyarakat di Jakarta dan memasuki pasar global. Pejuang Koperasi Akar Rumput binaan Wulan pun tidak lupa, membawa 20 orang anggota pelaku UKM.

Peserta pameran terdiri atas UKM produk kerajinan seperti Tenun, perak, kerang, lukisan, dan lain-lain. Selain itu juga menawarkan produk kuliner antara lain nasi jinggo, bakso ikan, dan sate lilit ikan. Panitia penyelenggara juga menyediakan beragam acara mulai dari pameran UMKM, talkshow, parade busana adat dan tarian asal Bali (joged Bumbung), hingga demo melukis.

Sementara Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi mengatakan, pihaknya menggelar festival tersebut bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali. “Event ini sebagai ajang promosi dalam negeri bagi UMKM unggulan Bali, dan memperkenalkan semua potensi Provinsi Bali meliputi produk unggulan UKM, pariwisata, budaya dan kuliner khas,” kata Emilia.

Ia menambahkan, selama ini masyarakat Bali terbiasa menyelenggarakan event, memadukan musik, tarian dalam kehidupan upacara keagamaan dirumah, di banjar maupun di pura. “Karena itu saya percaya Smesco Bali Festival akan berlangsung meriah dan mendatangkan suasana Bali,” kata Emilia.

Bali Smesco Festival juga merupakan ekspose puncak prestasi pemberdayaan KUKM yang dilakukan oleh lintas lembaga di Provinsi Bali. Karena itu event akan mempromosikan tidak hanya kerajinan dan produk-produk unggulan, tetapi juga pentas seni budaya, pariwisata, dan kuliner khas Bali. “Ini merupakan salah satu momentum untuk memperkenalkan produk-produk unggulan asal Provinsi Bali kepada potensial buyer. Mereka akan diundang hadir bersama dengan perwakilan asosiasi,” ujar Emilia.

Sementara penyerahan beberapa produk UKM Akar Rumput ke duta UKM dan Koperasi Indonesia, dihadiri pula dosen kewirausahaan dari UHAMKA yang juga anggota Koperasi Akar Rumput. ddm

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *