Pembentukan “Polisi Cilik” Membangun Karakter Dan Kedisiplinan Anak Sejak Usia Dini

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Pocil bentukan Polres Lumajang, tunjukkan kemampuannya dengan tampil di depan Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur, Atik Luki Hermawan.
Sejumlah 31 anak yang sudah terpilih dan telah dilatih oleh personil Polres Lumajang, unjuk kebolehan di Polda Jawa Timur (15/03/2019).

Ketua Bayangkari Polda Jawa Timur adalah Ibu Kapolda, yang tak lain adalah Atik Luki Hermawan. Dalam kesempatan ini, Pocil Polres Lumajang menampilkan formasi epic yang telah dilatihkan kepada mereka selama ini. Semua mata terkesima melihat formasi mereka karena setelah mengikuti seleksi yang ketat mereka juga mengikuti pelatihan intensif, sehingga hari ini mereka dapat menampilkan performa yang membuat kagum mata memandang. Seluruh pasang mata yang menyorot mereka tak berkedip, utamanya Ibu Kapolda itu sendiri.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menuturkan,
“Tujuan Pocil dibentuk adalah untuk membangun Karakter anak-anak sejak usia dini. Karakter yang dibangun adalah karakter kedisiplinannya, Karakter Etikanya dan Karakter Moralnya. Saat mereka latihan harus disiplin, saat mereka makan juga harus disiplin, saat membuang sampah bekas makannyapun harus disiplin dan dibuang pada tempatnya, itupun harus dalam kondisi rapi, tidak boleh ada sampah yang tercecer. Polisi cilik ini akan menjadi Duta Kota Lumajang. mereka juga menjadi duta Lalu Lintas, duta anti narkoba dan juga duta pariwisata. Pendidikan Polisi Cilik di Lumajang memang unik, karena karakter-karakter tersebut dilatihkan dalam kegiatan sehari-hari mereka”, ujar Arsal Sahban.

Seleksi Polisi Cilik diambil dari kelas 3 dan kelas 4 Sekolah Dasar dengan prestasi ranking 1-10 disekolah masing-masing.
Awalnya proses seleksi disekolah masing-masing, dari sana terkumpul 200 anak untuk maju ketingkat Polres.
Di Polres Lumajang dilakukan lagi seleksi dengan sistem gugur selama 1 bulan prosesnya, sehingga total saat ini diperoleh 1 pleton pocil yang berjumlah 31 orang yg siap dilatih dan ditempa untuk ajang-ajang bergengsi kedepannya. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *