Pemprov Jatim Gelar Mudik dan Balik Naik KA Gratis, Silakan Daftar Mulai Sekarang

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Mau mudik dan balik dengan naik Kereta Api secara gratis, masyarakat bisa daftar atau pesan tiket mulai Selasa (21/5/2019) ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya, siap memfasilitasi itu.

Akan tetapi, fasilitas mudik dan balik gratis ini hanya dengan 14 perjalanan kereta api yang beroperasi di wilayah Jawa Timur.

Tanggal keberangkatan angkutan KA gratis tersebut berlangsung selama 16 hari, mulai 28 Mei 2019 sampai 12 Juni 2019.

Dan, khusus untuk KA Probowangi (Surabaya Gubeng-Banyuwangi) dan KA Tawang Alun (Malang – Banyuwangi), mudik gratis ini berlaku mulai 31 Mei sampai 4 Juni 2019, dan baliknya mulai 7 Juni sampai 10 Juni 2019.

Pemprov Jatim telah menyediakan sebanyak 174 perjalanan KA untuk program jasa layanan KA gratis selama masa angkutan Lebaran 2019 ini. Rinciannya, 97 perjalanan KA mudik gratis, dan 77 perjalanan KA balik gratis.

Namun demikian, kapasitas daya angkut per hari rata-rata mencapai 11.881 tempat duduk.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan tiket angkutan mudik dan balik dengan KA gratis ini, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan di stasiun online yang dilewati KA Mudik Balik Gratis, mulai jam 09.00 hingga pukul 16.00.

Untuk pemesanan tiket KA Penataran, Dhoho, Tumapel dan Ekonomi Lokal bisa dilakukan mulai 21 Mei 2019.

Khusus pemesanan tiket KA Probowangi dan Tawang Alun bisa dilakukan mulai 1 April 2019.

Untuk pemesanan di stasiun wajib mengisi form pemesanan yang telah disediakan di setiap stasiun, mengisi nama dan id penumpang.

Satu pemesan maksimal 4 tiket. Tiket tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain. Tiket KA mudik dan balik gratis tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, internet maupun chanel eksternal lainnya.

“Program mudik dan balik gratis ini merupakan wujud keperdulian dan perhatian Pemerintah Jawa Timur dalam rangka melayani kebutuhan masyarakatnya,” kata Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Senin (20/5/2019).

“Pihak PT KAI Daop 8 Surabaya menyambut baik kerja sama dengan pihak Pemprov Jatim dalam mewujudkan program yang pro kerakyatan ini,” lanjutnya.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan mengunakan angkutan massal ini, guna kelancaran mobilitas dan mengurangi angka kemacetan akibat tingginya frekwensi lalu lintas selama masa angkutan Lebaran 2019,” tambah dia, yang menyatakan siap dihubungi lewat e-mail humasda.8@kereta-api.co.id bila ada yang kurang jelas. (Ganefo)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *