Pengering UV Bantu Petani Kecamatan Rubaru Tingkatkan Hasil Pertanian

  • Whatsapp

SUMENEP, beritaLima – Para petani khususnya di Desa Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep menyambut baik bantuan instalasi pengering Ultraviolet (UV) dari Kementerian Pertanian RI. Hal tersebut karena diyakini mampu meningkatkan kualitas hasil pertanian.

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Rubaru, Sa’dawi mengungkapkan, dengan teknologi pengeringan UV, petani tidak lagi khawatir kualitas panen padinya rendah bahkan membantu petani mempercepat pengeringan hasil panen pertanian.

“Alat pengering Ultraviolet ini diyakini mampu meningkatkan kualitas pertanian disini.” ungkapnya.

Bahkan, berdasarkan penelitian Badan Litbang Pertanian keunggulan pengering dapat menekan kerusakan bawang merah dari 20 persen menjadi 10 persen, mempertahankan kualitas warna, tekstur, dan Varible Return to Scale (VRS).

Yakni, dengan daya simpan hasil pertanian menggunakan pengeringan ini bisa lebih lama, yaitu 2 sampai 3 bulan. Dan Instalasi pengering UV dapat digunakan untuk pengeringan gabah, bawang merah dan jagung.

“Saat ini banyak anggota kelompok tani yang menyambut baik instalasi pengeringan hasil pertanian, bahkan sudah membuat jadwal antrean pemakaiannya.” tandasnya.

Sementara itu beberapa waktu lalu Menteri Pertanian, Amran Sulaiman berkunjung ke Madura dan sudah memberikan bantuan 2 unit instalasi pengering UV dan benih bagi petani Madura yang sekarang diberikan pada 2 lokasi sentra produksi pertanian yaitu Kecamatan Rubaru dan Kecamatan Pasongsongan.

( Mc/ An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *