Peringati Hardiknas, Pemkot Jakut Dorong Pembentukan Karakter

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara diwarnai dengan aksi pemberian piala penghargaan kepada sekolah, guru dan anak didik yang berprestasi.

“Kepada ibu dan bapak pendidik di seluruh jenjang yang tak lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan dan membangkitkan asa setiap insan yang dididiknya menjadi manusia berkarakter. Saya atas nama pemerintah menghaturkan rasa hormat yang mendalam,” tutur Ahmad Ya’la, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara saat membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan dalam upacara peringatan Hardiknas di Halaman Plaza Barat, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (2/5/2016).

Sedangkan tema yang diangkat dalam peringatan Hardiknas kali ini adalah Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita. “Kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang. Kemudian mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya,” Ungkap Sekko.

Dalam kesempatan itu, Sekko menyerahkan sejumlah piala penghargaan kepada unsur pendidik dan anak didik yang telah menorehkan prestasi. “Tadi pak Seko memberikan piala kepada guru berprestasi, anak didik juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Jakarta Utara,” jelas Budi Sulistiono, Kasudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara.

Tak hanya itu saja, ada 2 sekolah di Jakarta Utara yang mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan. Penghargaan sekolah tingkat nasional dengan indeks integritas penyelenggaraan Ujian Nasional yang tinggi pada tahun 2015 diberikan kepada SMP Kristen 6 BPK Penabur dan SMK Muhammadiyah 12 Jakarta.

“Kita akan tumbuhkan jiwa-jiwa kompetitif, kejujuran dan sportivitas yang menjadi modal dasar keberhasilan. Unsur pendidik bersama anak didik akan sama-sama mengukir prestasi,” tegas Budi.

Alhasil, adanya penghargaan dari pemerintah itu disambut dengan rasa bahagia oleh semua unsur pendidikan.

“Piala ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah untuk kami yang menjalankan tugas sebagai guru, Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada saya. Diharapkan bisa menjadi motivasi bagi guru-guru yang lain untuk terus memajukan pendidikan,” ujar Walisa, guru SDN Tugu Utara 17 Pagi yang terpilih sebagai Juara 1 Guru Berprestasi tingkat SD se Jakarta Utara. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *