Pilkades Serentak Semua Pihak Harus Menjaga Kondusifitas Di Wilayah Desa Masing-Masing

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com-Bimtek Persiapan Akhir Masa Jabatan Kepala Desa Bagi Kepala Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang akan berakhir tahun ini, dibuka wakil bupati Lumajang Ir Indah Amperawati M Si (bunda Indah) di Aula BKD kabupaten Lumajang, Selasa (19/03/2019) pagi.

Bunda Indah dalam acara tersebut menyampaikan, bahwa tahun 2019 ini adalah tahun politik. Selain Pemilu Presiden dan Legislatif, ada Pilihan Kepala Desa serentak. Semua pihak harus berupaya menjaga kondusifitas wilayah desa masing-masing, dalam menghadapi pilkades serentak.
Pllkades adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa, dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Bunda Indah mengingatkan, agar camat berperan aktif melakukan fasilitasi kepada BPD, Kepala Desa dan Inspektorat dalam tahapan pilkades, khususnya terkait pemeriksaan akhir masa jabatan kepala desa. Sebab, sesuai ketentuan, kecamatan nantinya membentuk panitia pengawas.

Bunda Indah juga menghimbau, “Saya harap semua pihak berupaya menjaga kondusifitas wilayah dalam penyelenggaraan pilkades serentak. Para kades harus dapat mengendalikan masa pendukungnya. Kami akan terus melakukan peningkatan pembinaan kepada desa, melalui OPD-OPD yang tugas dan fungsinya melakukan pembinaan administrasi di pemerintahan desa”, himbau bunda Indah.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Lumajang, Isnugroho, S.Sos., berharap sebelum masa jabatan Kades berakhir agar menyiapkan administrasi LPJ Kades selama menjabat. Untuk itu ketersediaan dokumen ketika para pemeriksa dari inspektorat hadir di desa sangatlah menentukan. “Kami mohon dengan hormat kepada para camat untuk melakukan pemantauan”, pesan Isnugroho. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *