Pos TNI AL Gilimanuk dan Candi Dasa Jajaran Lanal Denpasar Pengamanan Pasca Pemilu dan Arus Mudik 2019

  • Whatsapp

beritalima.com | Aparat gabungan TNI/Polri dan Satpol PP wilayah Bali mengelar razia penumpang bus dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Gilimanuk, Kab. Jembrana dan Pelabuhan Padang Bai, Kab. Klungkung Bali. Razia terhadap penumpang dan barang dilaksanakan guna mengantisipasi kelompok massa yang akan berangkat ke Jakarta pasca pengumuman hasil penghitungan suara Pileg/Pilpres Pemilu 2019 oleh KPU Pusat beberapa hari yang lalu.

Dalam mendukung kegiatan tersebut, Pangkalan TNI AL Denpasar-Bali, Lantamal V, Koarmada II, bersama aparat keamanan lainnya telah menugaskan personelnya yang berada di Pos TNI AL Gilimanuk dan Candi Dasa untuk melaksanakan operasi penyekatan dan pengamanan daerah pelabuhan di wilayah Kab. Jembrana dan Klungkung dari tindakan-tindakan kelompok masyarakat yang dapat membahayakan keselamatan dan menyimpang dari aturan hukum yang berlaku.

Target sasaran yang diperiksa antara lain kendaraan bus penumpang, mobil truk dan kendaraan pribadi dari Lombok/NTB tujuan Bali dan Jawa yang diangkut dengan kapal-kapal Ferry melalui Pelabuhan Padang Bai dan Gilimanuk.

Kendaraan tersebut diperiksa ketika akan naik atau turun dari kapal oleh aparat keamanan yang masuk ke dalam kendaraan. Semua penumpang dan barang bawaan diperiksa untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dalam razia tersebut, Petugas yang dilibatkan berasal dari personel Brimob Polda Bali, KP3 Pelabuhan Padang Bai, Satpol PP Kab. Klungkung dan Pos TNI AL Candi Dasa sementara untuk Pelabuhan Gilimanuk personel berasal dari Kodim Kab. Jembrana, Pos TNI AL Gilimanuk, Polsek KP3 dan Security Pelabuhan.

Hingga saat ini aparat keamanan belum menemukan adanya bus dan truk serta kendaraan pribadi yang mencurigakan akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi Kedaulatan Rakyat atau people power yang menolak hasil pengumumuman penghitungan suara Pileg/Pilpres 2019.

Meskipun pasca pengumuman hasil penghitungan suara oleh KPU Pusat di Jakarta sudah selesai, aparat keamanan yang berada di Pelabuhan Padang Bai dan Gilimanuk masih tetap siaga dan waspada untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa dari Lombok maupun Bali. Untuk kegiatan pengamanan obyek vital pelabuhan masih tetap dilaksanakan menjelang arus mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 1440 H/2019 M. Berdasarkan hasil pantauan kondisi wilayah Bali pada umumnya masih relatif aman.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *