Presiden Jokowi : Pentingnya Menjaga Ukhuwah Islamiyah

  • Whatsapp
Presiden Jokowi saat Masjid Jami Assa’adah, yang berada di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/6).

BOGOR, beritalima.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah yang menjadi ciri khas umat muslim Indonesia.

Hal ini Indonesia adalah negara besar yang memiliki keanekaragaman suku, agama, dan budaya, yang patut disyukuri dan dipelihara dengan baik.
“Indonesia, yang terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku, 516 kota dan kabupaten, dan 34 provinsi, serta 1.100 lebih bahasa lokal membutuhkan persaudaraan, baik ukhuwah Islamiyah di antara kita umat muslim maupun ukhuwah wathoniyah di antara kita sebangsa dan setanah air,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan usai salat Tarawih bersama sejumlah warga di Masjid Jami Assa’adah, di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/6) malam.

Presiden mengingatkan seluruh umat Muslim agar senantiasa saling menghormati, baik antar sesama maupun dengan umat agama lainnya.

“Kita harus saling hormat-menghormati, harga-menghargai, di antara kita semuanya baik sesama umat muslim maupun dengan umat-umat agama lain yang juga hidup di negara kita,” tutur Presiden.

Langkah tersebut dinilai Presiden lebih memberikan manfaat daripada menghabiskan energi untuk hal-hal yang tidak perlu. Apalagi di era kompetisi saat ini, Indonesia harus memiliki nilai tambah untuk bersaing dengan negara-negara lain.

“Jangan sampai energi kita, kita habiskan untuk hal-hal yang tidak perlu. Negara ini memerlukan energi besar, kekuatan besar kita semuanya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada sehingga kita bisa melebihi negara-negara yang lain,” kata Presiden.

Mengejutkan

Kehadiran Presiden Jokowi secara mendadak menunaikan ibadah salat Tarawih mengejutkan warga yang telah memenuhi Masjid Jami Assa’adah, yang berada di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Meski demikian, mereka tampak senang dan mengapresiasi kegiatan Presiden dalam menghidupkan suasana Ramadan.

Presiden yang didampingi Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, tiba sekira pukul 19.03 WIB dan langsung menunaikan salat Isya berjamaah. Ustad Deden Ibnu Akil bertindak sebagai imam, sedangkan Ustad Jayadi Hasan bertindak sebagai khatib dalam salat Tarawih kali ini.

Kepala Negara pun menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas sambutan hangat yang diberikan masyarakat terhadap kehadirannya di masjid tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih pada malam hari ini atas penerimaan yang sangat ramah sehingga saya bisa bersama-sama salat berjamaah mulai dari salat Isya, Tarawih, dan Witir yang sudah kita selesaikan bersama-sama. Alhamdulillah,” ucap Presiden.

Tak lupa, sebelum meninggalkan masjid, Presiden menyalami para jamaah, membagi-bagikan buku, hingga berswafoto dengan para jamaah yang hadir. (BPMI Setpres/ES)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *