Presiden Resmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com – Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu, 13 Maret 2019, meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Bangunan PIM Muara Baru seluas 2 hektare ini dibangun di atas lahan sekitar 4,15 hektare dengan anggaran sebesar Rp150,69 miliar.

Di awal sambutannya, Presiden bercerita mengenai awal mula ia menginstruksikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membangun sebuah pasar ikan modern. Dua setengah tahun lalu, atau tepatnya Juli 2016, Presiden ingin agar dibangun pasar ikan seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang.

“Jawaban Bu Menteri, bisa. Ya cepat dikerjakan, bangun. Enggak tahu di mana, saya enggak mau tahu, tapi bangun. Saya tunggu-tunggu enggak jadi-jadi, ini jadi enggak sih? Ternyata alhamdulillah pada malam hari ini kita telah memiliki pasar ikan modern PIM di Muara Baru, Jakarta,” kata Presiden.

Kepala Negara pun merasa bangga dengan hadirnya pasar ikan modern ini. Menurutnya, pasar ikan modern ini bisa membalikkan persepsi masyarakat tentang pasar ikan sebelumnya, yaitu kotor, becek, bau, dan tidak nyaman.

“Pasar Ikan Modern Muara Baru ini persepsinya kalau dari luar, saya belum masuk ya, kalau dari luar ini kelihatannya, dan ini masih baru, mestinya bersih, nyaman, dan tidak kalah dengan tempat-tempat belanja di mal-mal,” ujarnya.

Selain bersih dan nyaman, pasar ikan modern ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, yakni 896 unit lapak untuk menjual ikan segar, 155 unit kios maritim, dan 8 unit food court. Selain itu terdapat juga 2 unit ice flake machine kapasitas 10 ton, area pemasaran retail, laboratorium, chilling room kapasitas 30 ton, area bongkar muat, pengepakan, depot es dan garam, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

“Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah sangat modern ini disertai dengan pola kerja baru dan kebiasaan baru yang lebih baik. Kualitas ikan jaga agar tetap segar dan mari kita jaga bersama-sama kebersihan, kenyamanan, dan keamanan dari pasar ikan modern di Muara Baru ini,” ungkap Presiden.

Presiden berharap Pasar Ikan Modern Muara Baru ini bisa menjadi contoh bagi pembangunan pasar ikan lainnya di semua provinsi ke depannya. Demikian juga dengan fasilitas pendukung di dalamnya seperti food court, cold storage, hingga sanitasinya.

“Ini standar yang memang kita ambil standar internasional. Tapi yang paling penting memang mengubah budaya,” ujarnya kepada jurnalis seusai peresmian.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, selain sebagai “one stop shopping” aneka produk ikan bermutu dan aman dikonsumsi, PIM Muara Baru ini juga bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Jakarta Utara.

Untuk diketahui, pasar ikan modern ini dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini yaitu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *