Prof Rahman Rahim : Sepuluh Prodi di Unismuh Makassar Berpotensi Akreditasi A

  • Whatsapp

MAKASSAR- Sebagai bentuk komitmen perguruan tinggi terhadap standar mutu dan kapasitas terhadap penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dilihat dari akreditasi institusi maupun program studi yang dibina.

Terkait dengan akreditasi, Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, menyebutkan, Unismuh saat ini terus berusaha secara maksimal untuk mendorong peningkatan akreditasi seluruh prodi yang dibina.

Dikatakan, Unismuh sekarang ini telah membina 42 program studi dari 7 fakultas serta pascasarjana. Dari 42 progran studi, baru 4 program studi yang terakreditasi A.

Empat program studi yang terakreditasi A, yakni dua prodi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, yakni Prodi Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Pemerintahan, satu prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yakni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta satu prodi di Fakultas Agama Islam, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam.

Terkait dengan akreditasi prodi, dari 42 program studi, ada lagi 10-an prodi yang saat ini sudah terakreditasi B berpotensi untuk didorong akreditasinya menjadi A dan sekarang ini sebagian sudah berproses, kata rektor.

Menurut Prof Rahman Rahim, prodi yang berpotensi untuk didorong akreditasinya menjadi A, adalah Prodi Manajemen dan Studi Pembangunan (FEB), Kedokteran, Hukum Ekonomi Syariah (FAI), Agribisnis (Pertanian), Teknik Sipil (Teknik), Prodi Bahasa Inggris, PGSD, dan Matematika (FKIP) dan di Pascasarjana adalah Magister Manajemen, Magister Ilmu Administrasi Publik, serta Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

Selain itu, Unismuh juga telah berkomitmen untuk pengembangan sumber daya dosen untuk kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Untuk kegiatan penelitian dan pengabdian selain pihak universitas menyiapkan dana stimulus setiap tahun anggaran.

Dikatakan Prof Rahman, tahun ini ada sekitar 150 judul penelitian khusus bagi dosen muda yang dibiayai oleh universitas. Dan bagi dosen senior diharapkan dapat berkompetisi untuk mendapatkan dana hibah dari Kemenristekdikti RI.

Bagi rektor ini suatu kesyukuran, bahwa saat ini tidak hanya dosen yang berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitasnya tetapi juga mahasiswa. Dan terbukti prestasi mahasiswa Unismuh saat ini Unismuh versi Kemenristekdikti RI telah berada diperingkat ke 79 perguruan tinggi di Indonesia.-nasrullah-

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *