Rahmat Hamka: Pemerintah Harus Beri Perhatian Khusus Untuk Wisata Kota Batu

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Perkembangan wisata Kota Batu, Jawa Timur mengalami peningkatan cukup pesat seiring dengan besarnya minat terutama wisatawan lokal berkunjung ke kota itu.

Itu berdampak kepada terjadinya kemacetan di ruas-ruas jalan menuju objek wisata yang ada wilayah Kota Batu. “Jadi, perlu perhatian khusus pemerintah memberikan solusi untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul akibat kemacaten yang semakin parah,” kata anggota Komisi V DPR RI, Rahmat Nasution Hamka.

Ini dikatakan wakil rakyat Dapil Kalimantan Barat ini usai melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kota Batu, pertengahan pekan ini. “Kita melihat jalan di Kota Batu ini masih banyak kewenangan provinsi dan kabupaten. Kalau ada kawasan wisata yang strategis dan mempunyai nilai jual cukup besar, bisa diusulkan menjadi jalan strategis nasional,” kata dia.

Selain jalan, Rahmat juga menilai, hal yang harus menjadi perhatian adalah kawasan menuju wisata. Untuk itu, Pemkot Batu bisa membuat grand design kawasan-kawasan wisata yang sifatnya yang lebih spektakuler sehingga nantinya pemerintah pusat bisa menetapkan kawasan wisata unggulan nasional di Kota Batu.

Selain perluasan jalan, kata dia, juga harus ada rekayasa lalu lintas untuk menghindari atau mengurai kemacetan sehingga wisatawan tidak terganggu dengan kemacetan.

“Mengatur rambu lalu lintas perlu konsultan dan manajemen khusus. Berdasarkan kajian itulah kita membuat apa yang harus kita lakukan, sehingga lebih efektif,”demikian Rahmat Hamka Nasution. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *