Raih Gelar Runner-up, Tim Putra All-Star Cetak Sejarah

  • Whatsapp

Kontrol Konfidensi dan Ego Individu Pemain Jadi Pelajaran Berharga dari Turnamen Nasional di AS

beritalima.com – Tim putra Honda DBL Indonesia All-Star 2018 cetak sejarah baru. Mereka menduduki posisi runner-up setelah kalah 33-39 dari Team DTermined, sebuah tim yang memiliki reputasi cukup baik di California, pada partai final Turnamen Nasional DTermine Your Destiny di Corona, California, kemarin (24/2, waktu California).

Inilah untuk pertama kalinya ada tim pelajar dari Indonesia yang bermain di sebuah turnamen nasional di Amerika Serikat. Dan masuk final. Terlebih, para peserta yang datang dari berbagai kota di AS, terutama California, itu merupakan klub yang terafiliasi dengan Amateur Athletic Union of the United States (AAU).

Dalam turnamen yang berlangsung di Get It Done Sports Complex, Corona, California, pertandingan final berlangsung ketat dalam dua babak. Sejak tip-off, kedua tim sama-sama bermain ngotot. Permainan cepat diperagakan oleh kedua tim.

Tertinggal 10-20 di paruh pertama pertandingan, tim All-Star bermain cerdas dan mampu come back. Permainan lawan yang mengandalkan tembakan dari luar garis busur 3 angka coba mereka redam. Ruang tembak ditutup, lalu dipaksa untuk penetrasi ke dalam. Di paint area, barisan big man siap menyambutnya. Mereka sigap menghalau bola yang dibawa mendekat ring mereka.

Alhasil, di babak kedua, perolehan skor lawan menurun. Sebaliknya, tim putra All-Star melejit. Banyak poin yang mereka dapatkan dari fast break dan tembakan dua angka. Para pemain tidak menunjukkan ketakutan sama sekali dalam menghadapi defense lawan. Hingga 5 menit menjelang laga berakhir, papan skor menunjukkan angka 30-30. Tim All-Star menyamakan kedudukan.

Sayang, pesatnya perolehan skor pada babak kedua itu tidak dapat dipertahankan di menit-menit akhir pertandingan. Tim All-Star justru melakukan beberapa turnover yang dikonversi dengan baik menjadi angka oleh lawan. Perolehan poin mereka berhenti di angka 33, sementara lawan berhasil mengunggulinya dengan skor 39.

Pelatih tim putra Honda DBL Indonesia All-Star 2018 Japri Ricky Lesmana mengatakan bahwa timnya bermain sangat baik dalam laga tersebut. Meski demikian, dia miliki catatan penting mengapa tren perolehan angka mereka stagnan pada menit-menit akhir.

“Pelajaran terbaik dari final ini adalah bagaimana mengontrol ego saat game ketat. Kita sempat menyamakan kedudukan. Comeback setelah tertinggal belasan poin. Tapi, anak-anak banyak yang eksekusi tembakan terlalu cepat. Beberapa kali mereka bermain nggak pakai strategi. Ingin show-off. Ada juga yang nggak pede. Itu jadi boomerang buat mereka,” jelas pelatih yang berasal dari SMA Bukit Sion Jakarta.

“Lagi dan lagi kita kalah dari mereka (Team DTermined, Red) saat tight game,” tambahnya.

Pertemuan Honda DBL Indonesia All-Star melawan Team DTermined di babak final itu memang untuk kedua kalinya. Pertemuan pertama mereka terjadi saat babak penyisihan Sabtu (23/2 waktu California) kemarin. Saat itu tim All-Star juga kalah setelah tight game yang seru. Mereka akhirnya kalah dengan skor 50-59 dengan alasan yang serupa.

Garda sekaligus kapten tim putra Honda DBL All-Star Andreas Marcellino Bonfilio (SMA St. Louis 1 Surabaya) juga mengatakan hal senada. Menurut Marcel, tim All-Star terlalu banyak yang terburu-buru di menit akhir pertandingan. “Banyak yang nggak sabar waktu megang bola. Buru-buru passing, buru-buru shooting. Ini jadi pelajaran buat kita biar lebih sabar kalau dapat game kayak gitu lagi,” jelasnya.

Untuk diketahui, tim putra Honda DBL Indonesia All-Star dapat tampil di babak final setelah memenangkan tiga dari 4 pertandingan penyisihan. Turnamen berlagsung selama dua hari, 23-24 Februari.

Turnamen tersebut juga dikuti oleh tim Putri Honda DBL Indonesia All-Star. Namun, mereka harus berpuas diri bermain hingga babak penyisihan saja. Tim putri kalah dua kali dari tiga pertandingan penyisihan. Hasil itu belum mampu untuk membuat mereka tampil di final. (*)

CAPTION:

UNGGUL REBOUND: Center Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 Naufal Alifio (SMAN 20 Surabaya) beradu dengan Big Man tim Team DTermined di laga final. (Dok. DBL Indonesia)

CERMAT: Forwarda Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 Julian Alexandre Chalias (SMA Soverdi 1 Tuban) mampu menciptakan momentum bagi timnya dengan gerakan lincahnya di bawah ring. (Dok. DBL Indonesia)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *