Raih Sertifikasi ISO 27001, XL Axiata Kian Tingkatkan Keamanan Data

  • Whatsapp
JAKARTA, beritalima.com – XL Axiata berhasil meraih Sertifikasi ISO 27001 sebagai standar baku penerapan Information Security Management System (ISMS). Sertifikasi ini atas kemampuan XL Axiata dalam merencanakan, mengelola, mereview, dan meningkatkan keamanan data pelanggan.
Dengan meraih Sertifikat ISO 27001, maka XL Axiata telah memenuhi sejumlah ketentuan pemerintah yang ditujukan kepada pelaku industri vital dan strategis seperti telekomunikasi.
Yessie D Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, mengatakan, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kenyamanan dan rasa aman bagi pelanggan dengan menerapkan standar internasional ISO 27001.
“Kami sebenarnya juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 sejak tahun 2016 lalu, namun masih dalam ruang lingkup yang terbatas pada unit bisnis yang berhubungan dengan produk enterprise,” kata Yessie.
“Kemudian pada tahun ini kami perluas lagi ruang lingkupnya hingga mencakup layanan end-to-end proteksi data pelanggan, baik yang ada di sisi layanan telekomunikasi maupun sisi Teknologi Informasi,” lanjutnya.
Bukan hal yang mudah untuk memperoleh Sertifikasi ISO 27001 ini. Karena, selain harus lolos audit dari badan sertifikasi ISO, juga harus konsisten menjalankan sistem keamanan dengan standar tinggi.
Yessie menandaskan, dengan berbekal Sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institute (BSI) tersebut, kini XL Axiata telah memiliki kemampuan yang sebanding dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam memproteksi data pelanggan.
Pencapaian atas kemampuan ini menjadi modal sangat berharga bagi XL Axiata guna meningkatkan kepercayaan pelanggan dan masyarakat luas untuk menggunakan layanan atau solusi XL Axiata.
BSI sendiri selain sebagai badan sertifikasi ISO juga merupakan lembaga yang menjadi rujukan standarisasi di Inggris.
Sementara itu, beberapa peraturan yang menjadi acuan untuk pemenuhan jaminan keamanan data pelanggan antara lain Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.12/2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.
Selain itu juga Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.20/2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik.
Terkait kewajiban pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar, dengan diraihnya Sertifikasi ISO 27001 XL Axiata juga berharap kepercayaan pelanggan terhadap XL Axiata semakin meningkat, terutama dalam penanganan data pelanggan.
Nilai strategis lain yang bisa XL Axiata peroleh adalah metode dan eksekusi yang selama ini dijalankan untuk mengamankan data pelanggan sudah mengacu sesuai dengan standar baku global.
XL Axiata kini juga telah merealisasikan amanat Undang Undang dalam melakukan perlindungan terhadap pengelolaan data pelanggan.
Selanjutnya, sertifikasi ini  juga mendorong transformasi kultur perusahaan untuk memprioritaskan aspek keamanan informasi sebagai bagian dari model bisnis digital.
Setelah memiliki Sertifikat ISO 27001, XL Axiata juga akan semakin percaya diri untuk mengembangkan layanan, terutama solusi yang berbasis enterprise dengan pelanggan dari kalangan perusahaan. Untuk solusi bisnis tersebut aspek pengamanan informasi dan data sangat krusial.
Selain itu, XL Axiata juga bisa mengembangkan solusi berbasis layanan keuangan, seperti misalnya XL Tunai yang juga mengharuskan adanya jaminan keamanan informasi dan data secara ketat, sesuai dengan yang disyaratkan oleh regulator. (Ganefo)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *