Ribuan Siswa dan Guru SMK Kontes Skill Daihatsu

  • Whatsapp
Teks Foto: Para juara Daihatsu Skill Contest 2016.

JAKARTA, beritalima.com – Mengulang sukses tahun-tahun sebelumnya, Daihatsu kembali menyelenggarakan program Daihatsu Skill Contest untuk Guru dan Siswa SMK. Program ini merupakan ajang kompetensi teknis Guru dan Siswa SMK bidang otomotif.

Melalui kompetisi yang berlangsung mulai Juli sampai Desember 2016 ini Daihatsu ingin berkontribusi pada pengembangan pendidikan SMK, sekaligus meningkatkan motivasi Guru dan Siswa SMK di Indonesia.

Jika pada tahun 2015 lalu peserta tercatat sebanyak 7.711 siswa dan 687 guru SMK, tahun 2016 ini peserta mencapai 8.134 siswa dan 1.428 guru SMK dari seluruh Indonesia.

Tahapan seleksi Daihatsu Skill Contest untuk Guru dan Siswa SMK dilakukan melalui lima tahapan utama. Pertama, registrasi online yang dapat diakses melalui website Daihatsu Indonesia (http://daihatsu.co.id/skill-contest/).

Setelah itu, online test tahap 1, online test tahap 2, regional test (Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan IBT), dan national test di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Bagi peserta terbaik, Daihatsu memberikan penghargaan berupa Daihatsu Engine & Transmission kepada sekolah pemenang, dan beasiswa kuliah di Politeknik Manufaktur Astra untuk juara 1 kategori Siswa, serta perjalanan ke luar negeri untuk juara 1 kategori Guru dan Siswa.

Daihatsu sebagai bagian dari industri otomotif di Tanah Air merasa peduli terhadap dunia pendidikan nasional khususnya SMK. Daihatsu memiliki Program CSR bidang pendidikan sebagai pilar “Pintar Bersama Daihatsu” yang bersinergi dengan pemerintah mengembangkan pendidikan di tingkat SMK.

Bersama Dinas Pendidikan di sejumlah provinsi, Daihatsu menyusun integrated curriculum SMK dan menerapkannya di seluruh SMK Binaan Daihatsu.

Kurikulum Daihatsu tersebut membekali guru dan siswa SMK dengan ketrampilan dasar (basic skill) dan budaya industri (industrial culture), sehingga lulusan SMK memiliki daya saing yang tinggi, trampil, kompeten, dan ‘siap pakai’ di dunia industri.

“Kontribusi Daihatsu dalam penerapan kurikulum otomotif di SMK merupakan bukti komitmen Daihatsu untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan SMK di Tanah Air,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

“Kami berharap acara ini dapat memacu insan pendidikan khususnya Guru dan Siswa SMK untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Indonesia, sehingga lulusan SMK memiliki daya saing tinggi di dunia industri,” tambahnya. (Ganefo).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *