Semen Gresik Buktikan Semakin Kokoh Di Dalam Negeri

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Semen Gresik buktikan tetap kokoh dan jadi pilihan konsumen Indonesia di tengah persaingan industri semen yang semakin sengit. Ini ditandai dengan penghargaan Indonesia Original Brand 2016 dan juga Living Legend Brand 2016 yang diterima di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Direktur Komersial Semen Gresik, Mukhamad Saifudin, mengatakan, Semen Gresik yang merupakan grup dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk saat ini menguasai pangsa pasar 22,8%. Sebaran produknya mulai Jawa, Bali Nusra dan Kalimantan, Maluku dan Papua. Dengan jaringan toko sampai 22.000 menjadikan Semen Gresik semakin kokoh dari tahun ke tahunnya.

Dilihat dari indek IOB (Indonesia Original Brand), Semen Gresik berhasil memiliki index yang paling tinggi di industri semen, menjadikan Semen Gresik menerima penghargaan IOB ini. Index IOB ini diperoleh dari riset yang dilakukan oleh lembaga riset Bussiness Digest dan Majalah SWA dengan mengacu ke-4 (empat) parameter survey.

Keempat parameter survey itu, satisfaction (kepuasan), Loyalty (loyalitas), advocacy (advokasi) dan foreign local competition (FLC) dengan metode multistage random sampling dengan melibatkan 5.070 responden di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Makasar.

Variabel tersebut mengukur tingkat keyakinan konsumen bahwa merk lokal tetap lebih baik dibanding merk asing. Dari riset tersebut dapat dilihat merk-merk asli Indonesia yang sukses di pasar dengan memiliki kinerja yang bagus, pangsa pasar yang significant, ekuitas merk yang tinggi, dan terbukti survive, dan tidak kalah bersaing dengan merk asing.

Saat ini Semen Gresik serius dan konsisten melakukan program-program marketing, baik untuk partnernya maupun untuk end usernya. Contohnya, Semen Gresik memiliki komunitas tukang hampir 12.000 orang dengan 5.000 orang yang sudah tersertifikasi.

Tidak hanya itu, Semen Gresik juga memanjakan pelanggannya dengan adanya program co-creation dengan Bank Mandiri untuk program loyalitas yang merupakan program pertama dan terbesar diindustri semen.

Kemudian, program terbarunya adalah edukasi bisnis ke para toko bangunan dengan melibatkan para pakar marketing Hermawan Kertajaya, Rhenald Kasali, dan Tung Dasem Waringin.

Mukhamad Saifudin mengaku sangat bangga mendapat penghargaan ini. “Penghargaan ini menunjukkan Semen Gresik dapat dibilang ‘Sangat Indonesia’, karena dihasilkan dari Indonesia untuk Indonesia,” ujarnya. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *