Sudirman, Senator Aceh : Mahasiswa Harus Memahami Aspek Kebangsaan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Seminar Kebangsaan yang digelar Lampu Abdya (Laskar Pemuda Aceh Barat Daya), Minggu (3/12/2017) di Gedung Djoeang’45 Jakarta, bertemakan “Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Membangun Indonesia Yang Berintegritas”. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H. Sudirman, Senator asal Daerah Pemilihan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dalam paparannya menyatakan bahwa kebangsaan harus difahami oleh para mahasiswa Aceh, terutama yang ada di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Seminar yang dilaksanakan usai pelantikan pengurus Lampu Abdya itu, yang diketuai oleh Husnul Jamilah. Sudirman menjelaskan tiga hal penting kepada mahasiswa, yakni soal agama, jati diri, dan budaya. Pada persoalan agama yang diterangkan Senator asal Aceh itu, tidak boleh samar-samar dan tidak boleh memiliki perasaan takut sekaligus harus bersikap jujur dan benar.

Kedua, mengenai jati diri harus memiliki integritas untuk mengukuhkan kebangsaan. Dan ketiga, mengenai budaya. Mahasiswa asal Aceh ditekankan Sudirman, harus mempertahankan nilai-nilai budaya dan tidak boleh meninggalkan budaya asli Aceh. Seperti halnya kebiasaan masyarakat Aceh mengenakan kopyah, harus memiliki rasa bangga.

“Biarpun perbedaan tapi harus bisa menggambarkan kebudayaan, seperti contoh perempuan mengenakan kerudung menjadi suatu kebanggaan seperti Cut Nyak Dien. Tidak seperti sekarang banyak yang melepas kerudung, karena dengan adanya roda jaman akan menggilas kebudayaan,” tandas Sudirman.

Masih diterangkan Sudirman, bahwa mahasiswa merupakan tulang punggung bangsa, mahasiswa perlu meningkatkan jati diri agar supaya bersinergi dengan pembangunan. Filosofi berbangsa harus ditegakkan bagi mahasiswa. Terutama dalam filosofi empat pilar kebangsaan harus bisa diterjemahkan mahasiswa, mulai dari UUD NRI 1945 Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Wawasan kebangsaan 4 pilar harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain Aceh, ada beberapa Provinsi yang telah mengadakan Sosialisasi MPR tentang 4 pilar Kebangsaan. Oleh karena itu menurut Sudirman terhadap seminar yang dilaksanakan organisasi Lampu Abdya, dapat memberikan manfaat dari berbagai aspek kehidupan. dedy mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *