Telkom Dukung Digitalisasi Hotel Indonesia Group

  • Whatsapp

Jakarta, 7 Desember 2016 – Guna meningkatkan sinergi BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkomitmen mendukung digitalisasi pariwisata Indonesia, salah satunya dengan menyediakan solusi layanan Digital Hotel untuk PT Hotel Indonesia Natour. Dukungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembentukan Hotel Indonesia Group (HIG) oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno beberapa waktu lalu. Dukungan solusi layanan Digital Hotel tersebut dituangkan dalam perjanjian kerjasama. Pelaksanaan penandatanganan kerjasama diwakili oleh Deputi Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Suhartono dan Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said di Jakarta, Rabu (7/12).

Terkait dengan kerjasama tersebut,  Plt. Direktur Enterprise and Business Service Telkom Honesti Basyir mengatakan, sebagai BUMN telekomunikasi, Telkom berkomitmen penuh mendukung bisnis HIG melalui layanan berbasis TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services).Layanan tersebut meliputi,  High Speed Internet (wifi.id), TV Cable, Digital Marketing (SMS Blast dan SMS LBA), Digital Infrastructure serta Go Presence. Selain itu layanan baru yang disediakan Telkom adalah Indonesia Tourism eXchange (ITX), sebuah platform digital marketplace yang mengintegrasikan ekosistem pariwisata secara menyeluruh. 

 

Honesti menjelaskan, Telkom terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan value bisnis dan daya saing customer. “Kami menyadari industri hospitality semakin berkembang seiring dengan tumbuhnya kebutuhan akomodasi di pusat pariwisata dan bisnis. Untuk itu ICT menjadi salah satu nilai tambah hotel di tengah pergeseran lifestyle ke arah hyperconnected society,” ujar Honesti.

 

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah menyampaikan bahwa Hotel Indonesia Group dibentuk untuk mendukung peningkatan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara sejalan dengan pencanangan pariwisata sebagai core business di Indonesia. “HIG diharapkan dapat menjadi hotel chain terbesar di Indonesia kedepannya. Hotel milik BUMN lainnya akan menyusul bergabung dengan HIG”, jelas Edwin.

Edwin berharap bahwa HIG dapat tumbuh menjadi Jaringan Hotel Terkemuka yang dimiliki dan dikembangkan oleh sinergi antar BUMN dengan pelayanan dalam bidang perhotelan (hotel hospitality) sesuai dengan standar internasional serta  berciri khas sentuhan kekayaan budaya nusantara.

 

Langkah yang diambil Hotel Indonesia Group dalam memastikan ketersediaan layanan Digital Hotel ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata sebagai salah satu industri yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. HIG merupakan sinergi antar Hotel BUMN di Indonesia yang diantaranya dimiliki oleh PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Patrajasa (anak usaha PT Pertamina), PT Aerowisata (anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk), PT Pegadaian dan PT Taman Wisata Candi yang berlokasi di Borobudur. Saat ini Hotel Indonesia Group sudah memiliki jaringan sebanyak 36 hotel (7 milik Aerowisata, 12 milik HIN, 7 milik Patra Jasa, 9 milik Pegadaian, dan 1 milik Taman Wisata Candi) yang tersebar di kota besar di seluruh Indonesia. 

 

Penyediaan solusi Digital Hotel oleh Telkom ini diharapkan meningkatkan customer experience positif bagi traveller melalui internet kecepatan tinggi, interaktif TV, serta berbagai layanan digital yang menunjang pelayanan dan kegiatan operasional hotel. Dengan demikian HIG dapat bersaing dengan jaringan hotel internasional sekaligus memberi kontribusi positif bagi pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. (*)

Caption Foto:

Deputi Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Suhartono (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said (kedua dari kanan) pada saat penandatanganan kerjasama solusi layanan Digital Hotel untuk PT. Hotel Indonesia Natour disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah (paling kiri) di Jakarta (7/12).

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *