Telkom Solution Dukung Sektor Pendidikan Indonesia

  • Whatsapp

Jakarta, 20 Mei 2016 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Divisi Enterprise Services bekerjasama dengan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyediakan fasilitas Indonesian Research and Education Network (IdREN) di 17 perguruan tinggi.

“Pengembangan IdREN saat ini sudah diimplementasikan pada 17 perguruan tinggi. Hingga akhir tahun 2016 program ini diperluas hingga ke-42 perguruan tinggi,” kata Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin beberapa waktu lalu.

Menurut Awaluddin, IdREN merupakan faktor penting sebagai salah satu solusi 3C (Community, Content, Connectivity) yang dapat membantu semua kalangan untuk menjangkau pendidikan tinggi dan menghasilkan sumber daya manusia handal dan mengabdi ke masyarakat.

“Telkom mendapat kepercayaan mendukung dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi melalui pengembangan ICT (Information and Communication Technology) sebagai pendukung proses pendidikan dan pengajaran,” ujarnya.

IdREN diprakarsai oleh Telkom dengan melakukan inisiasi bersama tim dari 5 Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, yaitu ITB, UGM, UI, ITS dan UB sebagai hub koneksi “backbone”.

IdREN juga merupakan bagian dari REN (Research and Education Networks) yang terkoneksi melalui TEIN (Trans Eurasia Information Networks). IdREN diharapkan dapat dimanfaatkan para pimpinan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitas riset perguruan tinggi, yang akhirnya dapat meningkatkan produktivitas bangsa.

Jaringan ini mampu mendukung data kecepatan sangat tinggi dan menyediakan saluran khusus untuk research sharing antar Perguruan Tinggi dengan inisiatif 3S (Single Network, Sharing Collaboration Content & Research, Sustainable Platform).

IdREN juga menyediakan berbagai aplikasi yang menunjang pengembangan riset serta pembelajaran bagi perguruan tinggi nasional.

IdREN merupakan salah satu solusi berkonsep 3C (Community, Content, Connectivity) yang dapat membantu semua kalangan untuk menjangkau pendidikan tinggi dan menghasilkan SDM yang handal dan siap mengabdi ke masyarakat. IdREN juga menyediakan berbagai aplikasi yang menunjang pengembangan riset serta pembelajaran bagi Perguruan Tinggi nasional.

Awaluddin mengatakan kerjasama Telkom khususnya melalui Divisi Enteprise Services  dengan IdREN ini semakin menguatkan komitmen BUMN tersebut mendukung kemajuan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan.

Ditegaskan Awaluddin, Telkom Solution sebagai layanan total solusi ICT Divisi Enterprise Services difokuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan enterprise customer. Selama 16 tahun Telkom Solution hadir membangun negeri, salah satunya untuk mendukung sektor pendidikan Indonesia.

“Kami akan selalu mendukung proses pendidikan dan pengajaran khususnya di Perguruan Tinggi melalui pengembangan ICT,”  demikian Awaluddin.

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *